Kiprah Program Studi Baru: Desain Fashion ISI Denpasar

Kiprah Program Studi Baru: Desain Fashion ISI Denpasar

Kiriman: Nyoman Dewi Pebriyani, S.T., M.A. (Dosen PS Desain Interior).
Denpasar- Bertempat di Ruang Kuliah Desain Fashion, pada hari Kamis (6/12), Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S, MA, menyempatkan diri untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Program Studi (PS) Desain Fashion. Dalam kesempatan yang sama beliau juga menjelaskan mengenai sejarah berdirinya Program Studi Desain Fashion yang pada saat pemberian mandat juga berbarengan dengan Program Studi Pendidikan Seni drama, tari, dan musik (Sendratasik), dan Program Studi Film dan Televisi.
“PS Desain Fashion ini baru saja lahir sudah dilirik” ungkap Prof Rai.  Hal ini bukan tanpa alasan, sebab belum lama ini ISI Denpasar telah menandatangani MoU dengan Edith Cowan University (ECU) Perth dan pada saat yang bersamaan Program Studi Desain Fashion mengadakan pameran di ECU. Pihak ECU sangat tertarik bekerjasama dengan PS Desain Fashion untuk mengadakan pameran selama satu bulan, seminar, workshop, pertukaran dosen, hingga pertukaran mahasiswa. “Kami telah membuka peluang seluas-luasnya, sekarang tinggal anda sebagai mahasiswa memanfaatkan peluang ini dengan meningkatkan kualitas diri”, tambah Prof Rai.
Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Program Studi Desain Fashion, Tjok Istri Ratna Cora S, S.Sn.,M.Si, “Atas nama PS Desain Fashion, kami mengucapkan terimakasih atas segala perhatian dan dukungan yang telah diberikan, kami berharap bisa menjadi jembatan budaya khususnya Budaya Bali melalui Desain Fashion”, ungkapnya. Beliau juga menambahkan bahwa kiprah PS Desain Fashion ini baru saja dimulai dan tantangan kedepannya juga semakin berat, sehingga diharapkan mahasiswa sebagai generasi penerus serta tim dosen dapat bekerja sama untuk menjadi tim yang solid.
Kegiatan kuliah umum ini juga turut dihadiri oleh Pembantu Dekan II Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Drs. I Made Bendi, M.Si, yang mewakili Dekan FSRD, Dra. Ni Made Rinu, M.Si, serta PD III FSRD, Drs. D.A. Tirta Ray, M.Si. Ditemui dalam kesempatan yang sama, Drs. I Made Bendi, M.Si mengungkapkan semoga kedepannya PS Desain Fashion mampu melengkapi Program Studi lain yang telah berdiri terlebih dahulu di FSRD, sehingga keragaman yang ada di fakultas ini menjadi sebuah daya tarik yang memikat.
Mahasiswa Desain Fashion sangat antusias dalam mengikuti kuliah umum ini, hal ini terlihat dari keseriusan sikap mereka dalam mendengarkan dan memberikan pertanyaan saat diberikan waktu untuk bertanya. “Siapa diantara kalian semua yang mau ikut pertukaran pelajar?” tanya Prof Rai. Serentak hampir seluruh mahasiswa mengacungkan tangannya. “Wah luar biasa semangat anda semua, semoga dalam waktu dekat segera terlaksana, tapi jangan lupa untuk selalu meningkatkan kualitas diri berbasis kearifan lokal (local genius) dan keunggulan lokal (indigenous) Bali yang nantinya akan membawa nama baik kampus”, tutup Prof Rai dalam kuliah umumnya.

Comments are closed.