KKN Mahasiswa ISI Denpasar Ditunggu-Tunggu Masyarakat Bangli

KKN Mahasiswa ISI Denpasar Ditunggu-Tunggu Masyarakat Bangli

IMG_0055_800x600Kiriman : Nyoman Lia Susanthi, SS., MA (Dosen Ps. Film dan Televisi ISI Denpasar)

Foto : Agus Junianto, ST

Kuliah Kerja Nyata (KKN) ISI Denpasar tahun 2014 ini diadakan di Kabupaten Bangli. “KKN Mahasiswa ISI Denpasar sudah lama ditunggu-tunggu masyarakat Bangli” hal tersebut diungkapkan Bupati Bangli, I Made Gianyar, S.H.,M.Hum saat memberi sambutan pada acara “Serah terima mahasiswa KKN ISI Denpasar olrh Rektor ISI Denpasar kepada Bupati Bangli” pada 5 Agustus 2014 bertempat di gedung BMB Kantor Bupati Bangli. Kegiatan KKN di Bangli sebagai realisasi dari MoU yang telah ditandatangani kedua belah pihak pada 10 Mei 2014. Salah satu implementasi dari MoU tersebut adalah kerjasama yang dibangun dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini sangat sejalan dengan program pemerintah kabupaten Bangli yaitu membangun Bangli dari desa. Sehingga hadirnya mahasiswa ISI Denpasar ke desa-desa yang ada di Bangli akan membantu meringankan masyarakat desa dalam mewujudkan program-program dan mempercepat proses interaksi pembangunan desa.

IMG_0068 (1)_800x600Sementara Rektor ISI Denpasar, Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.SKar.,M.Hum dalam pengarahannya menghaturkan terima kasih yang tak terhingga kepada pemerintah kabupaten Bangli yang telah menyambut baik rombongan dari ISI Denpasar. “Mudah-mudahan kehadiran mahasiswa ISI Denpasar dapat menjadi rahmat bagi kabupaten Bangli” ungkap Dr. Arya. Rektor ISI Denpasar manambahkan bahwa mahasiswa ISI Denpasar telah dibekali teori dan praktek secara seimbang, sehingga ilmu yanbg diperoleh di kampus nantinya dapat diterapkan di masyarakat. Dengan kegiatan KKN ISI Denpasar maka membuka peluang bagi masyarakat untuk menilai dan memberi masukan nantinya keluaran dari ISI Denpasar. Selain itu dari realisasi MoU, ISI Denpasar juga berencana tahun 2015 untuk membantu Pemkab Bangli dalam pemetaan kesenian di Bangli, sehingga hasil pemetaan ini sebagai acuan dalam mengembangkan program-program pelestarian seni dan budaya di Bangli.

Rektor ISI Denpasar juga berpesan kepada para mahasiswa agar menjaga sopan santun di masyarakat, Bekerja secara serius agar lulus mata kuliah KKN, mahasiswa harus berkontribusi pada masyarakat jangan membebani masyarakat, membuka hubungan baru, menjaga hubungan baik kedalam serta mahasiswa agar dapat menjaga nama baik dan citra almamater.IMG_0056_800x600

Peserta KKN kali ini sebanyak 235 mahaswa yang terdiri dari 145 dari FSRD dan 90 dari FSP. KKN periode ini difokuskan pada 4 kecamatan di Kabupaten Bangli, yaitu Kecamatan Bangli pada 3 desa yaitu Taman Bali, Pengotan, dan Kubu, Kecamatan Susut juga pada 3 desa yaitu Sulahan, Abuan dan Susut, Kecamatan Tembuku pada 3 desa yaitu Jehem, Tembuku dan Undisan serta terakhir di Kecamatan Kintamani pada 6 desa yaitu Bayung Gede, Belatih, Satra, Sukawana, Abangsongan serta Songan. Dalam laporan Ketua Panitia KKN ISI Denpasar, Drs. I Ketut Buda, M.Si, menyatakan bahwa masing-masing desa akan ditempati 15-16 mahasiswa dengan pendistribusian secara merata berdasarkan program studinya dan didampingi oleh 1 dosen pembimbing serta 2 koordinator dari kabupaten. Mahasiswa menetap di lokasi KKN selama 1 bulan penuh dari tanggal 5 Agustus hingga 5 September 2014.

Comments are closed.