KOLABORASI FAKULTAS SENIRUPA DAN DESAIN ISI DENPASAR DENGAN COURTYARD BALI SEMINYAK DALAM FOOD TRUCK DESIGN COMPETITION

KOLABORASI FAKULTAS SENIRUPA DAN DESAIN ISI DENPASAR DENGAN COURTYARD BALI SEMINYAK DALAM FOOD TRUCK DESIGN COMPETITION

Kiriman : Ni Luh Desi in Diana sari

“What The Truck” merupakan konsep food truck terbaru yang dijadikan salah satu properti di hotel Courtyard by Marriott Bali Seminyak. Food truck ini dirancang dengan memodifikasi sebuah VW Combi yang nantinya akan diletakkan diluar lobi hotel guna menarik wisatawan yang berkunjung. Food truck tersebut menawarkan food & beverage yang kreatif dan inovatif dengan memadukan kuliner lokal, ditujukan untuk konsumen generasi muda. Adapun menu yang ditawarkan bervariasi seperti signature local fusion tacos, sandwiches, kopi Kintamani, dan mojito slushy. Truk tersebut juga akan menjual salah satu cold brew coffee yang sudah dikenal di pulau ini, yaitu Bootstrap.

Sebagai upaya membentuk identitas yang orisinal, unik dan kreatif untuk food truck tersebut. Courtyard by Marriott Bali Seminyak berkolaborasi dengan FSRD ISI Denpasar dalam Food Truck Design Competition. Kerjasama ini diprakarsai oleh Wakil Dekan III, bapak A.A Gede Bagus Udayana. Kompetisi “What The Truck” ditujukan bagi seluruh mahasiswa FSRD ISI Denpasar yang masih terdaftar dengan hadiah uang sebesar 40 Juta rupiah dan hadiah kejutan beruapa tawaran magang selama satu bulan di kantor pusat Marriott Hongkong. Waktu pelaksanaan lomba, berlangsung mulai tanggal 17 Februari 2016 hingga 14 Maret 2016.

Seluruh mahasiswa dapat mengumpulkan konsep desain dari eksterior food truck tersebut dan media pendukung seperti logo, seragam, desain menu, atau desain kemasan take a way. Desain dikumpulkan secara online melalui website resmi CANVAS Bali Project di www.canvas-startup.com/bali/home. Batas waktu pengumpulan karya dibuka hingga pukul 23.59 Wita.

Setelah menerima lebih dari 150 karya desain yang dikirim oleh seluruh mahasiswa FSRD ISI Denpasar. Panel Editorial Marriott telah memilih enam finalis untuk masuk ke Tahap Final yang akan diadakan di tanggal 23 Maret 2016 @ 14.30 WITA di Courtyard by Marriott Bali Seminyak. Adapun nama – nama mahasiswa tersebut yaitu : 1). Anggi Tirta Yanti (201406017), 2). Pande I Wayan Gede Runata (201406018), 3). Raka Jana (201006065), 4). Yoga Ardana (201304011), 5). Yudi Aditya (201406002), dan finalis yang ke 6). Zahrein Mohammad (201206060).

Pada tahap final yang diadakan pada tanggal 23 Maret 2016, mahasiswa yang telah masuk kedalam enam finalis kembali harus berkompetisi memperebutkan juara 1, 2, 3 dan kesempatan magang selama satu bulan di kantor pusat Marriot Hongkong. Seluruh finalis mempresentasikan konsep desain mereka dihadapan enam dewan juri yang berasal dari berbagai kalangan. Satu dewan juri yang merupakan wakil dari FSRD ISI Denpasar adalah Bapak I Nengah Sudika Negara, tiga juri dari Bali Foodies dan dua dewan juri dari Marriott. Setelah melalui penilaian yang cukup meneganggakn, maka dewan juri memtuskan para pemenangnya. Juara ke III, diraih oleh Anggi Tirta Yanti (201406017) memperoleh uang tunai sebesar 5 juta rupiah. Juara II  Pande I Wayan Gede Runata (201406018), memperoleh uang tunai sebesar 10 juta rupiah, Juara I diraih oleh Yudi Aditya (201406002), yang telah berhasil mempertahankan konsep karyanya dengan identitas Made Tacco dihadapan dewan juri. Yudi membawa hadiah uang tunai sebesar 40 juta rupiah. Hadiah grand prize berupa One Month Intership in Marriott Hongkong Office dimenangkan oleh Zahrein Mohammad (201206060).

Comments are closed.