Konsep Desain Interior I

Konsep Desain Interior I

Oleh: Olih Solihat Karso Dosen PS Desain Interior

Konsep desain interior adalah dasar pemikiran desainer didalam memecahkan permasalahan atau problem desain.Pengertian konsepm,enurut Peorwadarminta; bersal dari bahasa latin yaitu Conseptus yang berarti tangkapan. Secara subyektif; pencaharian konsep adalah kegiatan intelek untuk menangkap sesuatu, dan secara obyektif pencaharian konsep adalah sesuatu yang ditangkap oleh kegiatan intelek. Jadi konsep adalah hasil dari tangkapan manusia. Di dalam konsepterdapat tanda-tanda umum dari suatu benda atau hal.

Menurut Tatang M Amirin konsep adalah rancangan, pengertian, pendapat, paham,dan cita-cita yang telah ada dalam pikiran. Jadi konsep sebagai suatu sistem –yang terdiri dari sehimpunan unsur yang melakukan suatu kegiatan menyusun skema atau tata cara melakukan suatu kegiatan pemrosesan untuk mencapai tujuan dan dilakukan dengan mengolah data guna menghasilkan informasi. Dari dua pendapat di atas maka bisa ditarik kesimpulan bahwa konsep adalah gagasan yang memadukan berbagai unsur kedalam suatu kesatuan. unsur-unsur ini mungkin berupa gagasan, pendapat dan pengamatan.

Hambatam pembuatan konsep, sedikitnya ada tiga yaitu masalah komunikasi, kurangnya pengalaman, dan pembangkitan hirarki dari konespdasar ke proses pengertian tahap awal sampai aplikasi konsep.

Jenis-jenis Konsep

Konsep dapat mengacu pada beberapa pendekatan , seperti yang dikatakan Snyder, J.C dalam buku Introduction to Architecture, yaitu      :

  1. Analogi

Analogi; berasal dari bahasa yunani analogia yang berarti kiasan yang diperluas dalam arti logatnya adalah persesuaian. Bentuk penalaran dengan pengambilan kesimpulan. Seandainya dua hal sama dengan beberapa hal yang penting. Kedua hal itu juga akan sama dalam hal-hal tgertentu lainnya (Komarudin, 1993).

Konsep Desain Interior I Selengkapnya

0 Responses

  1. […] http://www.isi-dps.ac.id/berita/konsep-desain-interior-i/ […]
  2. […] Sumber : http://www.isi–dps.ac.id/berita/konsep–desain–interior–i/ […]
  3. […] hirarki dari konesp dasar ke proses pengertian tahap awal sampai aplikasi konsep. Sumber : http://www.isi-dps.ac.id/berita/konsep-desain-interior-i/ 6. Pemilihan material dalam desain interior Menurut Subkiman, Anwar (2010) klasifikasi material […]