Konsep Desain Puri Gading Spa And Beauty Salon

Konsep Desain Puri Gading Spa And Beauty Salon

Kiriman Pande Nyoman Wira Gunartha, Mahasiswa PS. Desain Interior ISI Denpasar.

Latar Belakang Konsep

 Sebelum memulai untuk merancang sebuah interior, desainer harus melakukan pemikiran mengenai konsep. Konsep desain interior adalah dasar pemikiran desainer didalam memecahkan permasalahan atau problem desain. Pengertian konsep menurut Poerwadarminta berasal dari bahasa latin yaitu Conseptus yang berarti tangkapan. Secara subyektif pencaharian konsep adalah kegiatan intelek untuk menangkap sesuatu, dan secara obyektif pencaharian konsep adalah sesuatu yang ditangkap oleh kegiatan intelek. Jadi konsep adalah hasil dari tangkapan manusia. Di dalam konsep terdapat tanda-tanda umum dari suatu benda atau hal. Fungsi dari konsep yakni untuk menghasilkan ekspresi dalam wujud  perencanaan. Sebelum menciptakan sebuah desain, konsep dituangkan melalui gagasan ide awal yang ada pada proses pra-desain. Konsep adalah gagasan yang memadukan berbagai unsur ke dalam suatu kesatuan. Dalam arsitektur, suatu konsep mengemukakan suatu cara khusus bahwa syarat-syarat suatu rencana, konteks, dan keyakinan dapat digabungkan bersama. Suatu konsep harus mengandung kelayakan, ia menunjang maksud-maksud dan cita-cita pokok suatu proyek dan memperhatikan karakteristik-karakteristik dan keterbatasan-keterbatasan yang khas dari setiap proyek. Gagasan arsitektur adalah konsep yang telah disederhanakan menjadi soal arsitektonis formal seperti siang hari, ruang, urutan ruang, integrasi struktur dan bentuk, dan penapakan (siting) dalam bentuk alam.

Suatu tema adalah suatu pola atau gagasan spesifik yang berulang di seluruh rancangan suatu proyek. Gagasan superorganisasi mengacu kepada konfigurasi geometris umum atau hirarki yang harus diperhatikan oleh bagian-bagian suatu proyek. Suatu gagasan superorganisasi memungkinkan variasi pola di antara bagian-bagian, hanya selama mereka memperkuat pola keseluruhan. Tujuan gagasan superorganisasi adalah untuk memberi cukup struktur bagi pola sedemikian rupa sehingga masing-masing bagian dapat dikembangkan dengan keistimewaan-keistimewaannya sendiri dan masih menunjang keseluruhannya. Parti (skema) dan esquisse (sketsa) adalah produk menurut konsep dan grafik dari suatu metode pengajaran khusus, metode ini menghendaki agar dapat mengembangkan kecakapan konseptual sampai suatu tingkat yang tinggi.

Jenis-jenis Konsep dalam Desain

  1. Analogi (memperhatikan hal-hal lain)
  2. Metafora (memperhatikan abtraksi-abtraksi)
  3. Hakikat (memperhatikan di luar kebutuhan-kebutuhan program)
  4. Konsep programatik (memperhatikan syarat-syarat yang dinyatakan)
  5. Cita-cita (memperhatikan nilai-nilai umum)

Dalam perancangan desain Puri Gading Spa dan Beauty Salon ini, mahasiswa menggunakan konsep yang mengarah ke Analogi, karena desain Spa dan Salon ini harus memiliki ciri khas yang tersendiri dari Spa dan salon yang lain. Bila arsitek atau desainer tidak memiliki cita-cita untuk acuan dan menggunakannya dalam konseptualisasi dan mengembangkan rancangan-rancangan mereka, tugas mereka akan lebih sulit.

Wawasan, gagasan, konsep, dan skenario merupakan suatu rangkaian kesatuan kontinum yang dapat menjadi dasar penting bagi arsitektur. Pencaharian akan konsep yang tepat dan penerapannya dapat membantu menciptakan arsitektur yang baik. Konsep yang dipilih dalam Desain Interior Puri Gading Spa and Beauty Salon ini adalah Natural Terapi. Konsep ini merupakan perpaduan kebutuhan suasana pada sebuah Salon dan Spa yaitu ketenangan dengan karakter sentuhan alam yg lembut. Pengambilan konsep ini bertujuan untuk menciptakan suasana tenang bagi penghuni Salon dan Spa karena Spa adalah tempat Relaksasi yang harus memiliki kenyamanan dan keamanan bagi penghuninya. Selama ini fasilitas pada Salon dan Spa dirancang hanya berdasarkan aspek fungsi tanpa sentuhan nilai estetis, kenyamanan bagi penggunanya. Gaya yang dipilih pada desain interior Puri Gading Spa and Beauty Salon adalah modern.

Penjabaran Konsep

a. Pengertian Natural Terapi

Sejak 25 abad yang lalu, Hipokrates sudah meyakini bahwa tubuh mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Istilah natural sendiri dalam bahasa Inggris merupakan suatu adjective (kata sifat ) yang berarti not artificial or manmade. Dalam pengobatan alternatif istilah natural merupakan suatu simbol kebaikan. Oliver Wendell Holmes (1809-1894) menyebutkan pandangan ini sebagai “the nature –trusting heresy”. Kepercayaan ini memisahkan secara jelas antara dua kutub moral seperti antara natural dengan artificial, pure dengan toxic, organic dengan synthetic, teknologi sederhana dengan teknologi canggih. Kedokteran konvensional secara otomatis mengalami ‘kerugian’ dari prinsip dua kutub ini karena kedokteran konvensional seringkali dihubungkan dengan teknologi yang canggih yang berlawanan dengan kesederhanaan dan sifat alami.

Istilah natural ini semakin berkembang seiring dengan berkembangnya ilmu kedokteran konvensional yang lebih menitikberatkan pada basis molekuler, patofisiologi penyakit dan penyembuhan penyakit dengan penggunaan obat-obatan kimia. Seringkali kedokteran konvensional melupakan faktor internal dari kesembuhan penyakit seperti bagaimana meningkatkan respon internal kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit dan meningkatkan peran aktif pasien bagi kesembuhan dirinya.

Hal tersebut diatas menjadikan istilah natural menjadi identik dengan pengobatan alternatif meskipun sebenarnya praktisi kedokteran konvensional menerapkan pula penyembuhan suatu penyakit kepada faktor internal tubuh seperti kesembuhan pada luka, prinsip self-limitting disease pada infeksi virus, maupun tirah baring untuk pemulihan. Di satu sisi istilah natural / alami yang selalu bernuansa positif dan tidak berbahaya juga tidak berlaku mutlak pada semua bahan yang dikatakan alami seperti: sealaminya racun ular yang digunakan untuk pengobatan tetaplah sangat berbahaya, ataupun reaksi idiosinkrasi seperti sindrom steven johnson dapat terjadi dengan hanya mengkonsumsi ginseng dengan dosis yang reguler. Dalam Desain Interior Puri Gading Spa and Beauty Salon ini penggunaan konsep Natural di aplikasikan pada seluruh elemen ruang dan fasilitas. Seperti halnya dengan penerapan elemen pembentuk ruang yaitu lantai, dinding, plafon. Pada plafon unsure natural yanag digunakan adalah penggunaan bahan alami dan menimbulkan kesan berada di lingkungan alam.

             Terapi berasal dari bahasa Inggris yang asal katanya ialah "therapy yang berarti terapi, pengobatan".  Sedangkan menurut bahasa Arab terapi sepadan dengan kata Syafa- Yasyfi- Syifaan, yang berarti pengobatan, mengobati,  menyembuhkan. Kemudian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia terapi berarti usaha untuk memulihkan kesehatan orang yang sedang sakit,  pengobatan penyakit, perawatan penyakit. Didalam Kamus Ilmu-ilmu Sosial juga ditemui kata therapy yang berarti perlakuan atau cara-cara menyembuhkan penyakit yang diderita oleh seorang individu. Selanjutnya dalam Kamus Lengkap Psikologi kata therapy berarti suatu perlakuan dan pengobatan yang ditujukan kepada penyembuhan satu kondisi patologis.

Adapun pengertian terapi secara terminologi yang dikemukakan oleh para ahli antara lain: menurut pendapat Andi Mappiere AT, mengatakan Terapi adalah suatu proses berjangka panjang berkenaan dengan rekonstruksi pribadi.
Adapun menurut Abdul Aziz Ahyadi terapi ialah perawatan dengan menggunakan alat-alat psikologis terhadap permasalahan yang berasal dari kehidupan emosional, dimana seorang ahli secara sengaja menciptakan hubungan profesional dengan pasien yang bertujuan menghilangkan, mengubah atau menurunkan gejala-gejala yang ada, meningkatkan pertumbuhan serta perkembangan kepribadian yang positif.

Kemudian menurut James P Chaplin yang dikutip oleh Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir: Mengartikan terapi dari dua sudut pandang. Pertama: Secara khusus adalah penerapan tenik khusus pada penyembuhan penyakit mental atau pada kesulitan-kesulitan penenangan diri setiap hari. Kedua: Secara luas adalah mencakup penyembuhan lewat keyakinan agama melalui pembicaraan informal atau diskusi personal dengan guru atau teman. Maka sudah jelaslah bahwa pengertian terapi adalah pengobatan alam pikiran dan perawatan gangguan psikis melalui metode psikologis.  Dari uraian diatas dapat disimpulkan Pengertian natural terapi adalah pengobatan yang menggunakan unsur alamiah dari alam yang dapat memberikan kesehatan bagi tubuh. Dalam perancangan Spa dan Salon ini penerapan Natural diterapkan pada bentuk ruang dan bahan yang digunakan dalam desain interior ini. Dan unsur terapi diterapkan dengan pemilihan warna hangat dan teduh yang secara psikologis dapat menciptakan suasana ruang yang nyaman bagi kejiwaan personal pengguna ruang tersebut.

b. Warna

Keindahan warna bisa diterapkan pada dinding ruang, dll. Selain untuk estetika, warna pada rumah juga memiliki fungsi lain. Saat ini banyak ruangan dicat dengan warna yang tidak selalu putih atau krem, melainkan dengan warna yang lebih mencolok, seperti merah dan hijau. Selain itu, ada ruangan yang catnya merupakan kombinasi dua warna atau lebih. Sedikit bermain dengan warna cerah dapat membuat hunian terasa menyenangkan dan segar untuk dipandang. Selain itu, penggunaan warna lebih dari satu juga banyak manfaatnya. Manfaat warna hunian warna-warni antara lain untuk memberi aksentuasi atau kesan yang berbeda agar bisa menimbulkan tampilan yang lebih variatif dan mempertegas konsep ruangan.

Penggunaan warna yang beragam pada interior lebih tepat jika rumah tersebut luas dan lebar agar kesan terlalu luas bisa dikurangi. Jika ruangan itu kecil, menggunakan banyak warna malah akan membuat ruangan di dalamnya terasa semakin sempit. Untuk bermain warna, sebaiknya disesuaikan dengan Konsep yang dipakai dalam suatu desain. Beberapa pakem tetap harus menjadi perhatian. Salah satunya, penggunaan warna berbeda, tetapi masih turunan warna dasar. Misalkan warna yang sama, tapi lebih soft atau bahkan lebih tua. Aryo menuturkan, rumah bergaya minimalis modern cenderung dapat lebih leluasa memainkan warna-warnanya bisa kontras dan berani. Tiap warna mempunyai karakter dan sifat yang berbeda-beda. Berikut merupakan karakter–karakter warna:

Biru tua Melambangkan perasaan yang dalam. Warna ini mempunyai karakter tentang konsentrasi, ketenangan, bekerjasama, dapat menerima segala masukan, perasa, cerdas dan bersatu. Selain itu warna biru juga memberikan pengaruh lemah lembut, bijaksana, cepat puas, pangasih dan penyayang, tidak mudah tersinggung dan banyak kawan.

Merah dan Orange Melambangkan kekuatan, kemauan, eksentrik, aktif, agresif, bersaing, warna ini memberikan pengaruh berkemauan keras dan penuh semangat.

Hijau dan Biru Melambangkan elastisitas keinginan. Cenderung pasif, bertahan, mandiri, posesif, susah menerima pemikiran orang lain. Pengaruh dari warna ini antara lain teguh dan kokoh, mempertahankan miliknya, keras kepala, dan berpendirian tetap.

Kuning Terang Warna ini bersifat menonjol, semangat untuk maju dan toleransi tinggi. Pengaruh warna ini antara lain riang, dermawan, dan sukses.

Ungu Ungu adalah capuran warna merah dan biru. Menggambarkan sikap “gempuran” keras yang dilambangkan dengan warna biru. Perpaduan antara keintiman dan erotis atau menjurus ke pengertian yang dalam dan peka. Bersifat kurang teliti namun penuh harapan.

Konsep Desain Puri Gading Spa And Beauty Salon selengkapnya

Comments are closed.