Kunjungan Alliance Francaise

Kunjungan Alliance Francaise

Kiriman Nyoman Dewi Pebriyani, ST., MA., Staf Dosen PS Desain Interior.

Hari Selasa (9/4) bertempat di Gedung Rektorat Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar,  Rektor ISI Denpasar menerima kunjungan dari Alliance Francaise atau Lembaga Indonesia Perancis yang terdiri dari Ketua Yayasan Dewa Putra Diasa dan Direktur Virginie Vial Isnard. Kunjungan ini merupakan yang pertama kali bagi direktur dari Alliance Francaise karena beliau baru menduduki jabatan sebagai direktur yang baru. Adapun dalam kunjungan ini pihak lembaga Indonesia-Perancis (Alliance Fracaise) ingin meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Perancis dalam seni dan budaya dengan mengunjungi dan bekerja sama dengan kampus seni di Bali, salah satunya dengan menawarkan workshop dan seminar mengenai komik dari artist Perancis kepada mahasiswa ISI Denpasar.

Sambutan positif pun dilemparkan oleh Rektor ISI Denpasar, “kegiatan yang sangat positif dan kreatif, kenapa tidak, kami sangat mendukung kegiatan tersebut” ungkapnya. Dalam kesempatan ini Prof Rai mengungkapkan ada baiknya untuk menyatukan kerjasama ini dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU), baik dalam bidang workshop, seminar, pertukaran pelajar, dan lain sebagainya, “ISI Denpasar telah melakukan MoU dengan berbagai pihak, baik antara sesama universitas, maupun dengan foundation atau yayasan dalam dan luar negeri” ungkap Prof Rai. “Gagasan yang sangat baik sekali” ungkap Ms. Virginie menyambut baik ide yang dilemparkan oleh Prof Rai, terlebih dengan rencana diadakannya workshop pada bulan mei ini. Maka dalam pertemuan kemarin telah disepakati bahwa penandatanganan MoU rencananya akan dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan workshop tersebut.

Workshop komik akan dibawakan oleh artist Perancis bernama Joel Alessandra, beliau adalah seniman komik Perancis yang menguasai ilustrasi dan karikatur. Workshop ini akan dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2012 yang bertempat di ISI Denpasar, adapun kegiatan ini akan mengundang beberapa mahasiswa untuk ikut berpartisipasi dalam 4 jam workshop serta 2 jam seminar.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor ISI Denpasar sempat memberi gambaran singkat mengenai kampus ISI Denpasar dan hal ini menambah pengetahuan mereka mengenai kampus ISI Denpasar. Sebelum mengakhiri kunjungan, Prof Rai memberikan kenang-kenangan kepada Direktur Lembanga Indonesia-Perancis berupa jurnal Mudra. “Pengalaman pertama mengunjungi kampus ISI Denpasar sangat luar biasa dan saya tertarik untuk kembali lagi mengunjungi kampus seni ini” tutup Ms.Virgine sebelum meninggalkan kampus ISI Denpasar.

Comments are closed.