Kunjungan Consulate General India

Kunjungan Consulate General India

Kiriman Ni Nyoman Dewi Pebriyani, ST., M.Des., Staf Dosen PS. Desain Interior.

Bertempat di gedung Rektorat pada hari Rabu (28/3), Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menerima kunjungan Consulate General India di Bali, Mr.AS.Takhi, beliau adalah Consulate General India yang pertama di Bali dan kunjungan ini merupakan yang pertama menuju satu-satunya kampus seni di Bali. Rektor ISI Denpasar yang didampingi oleh jajarannya menyambut kedatangan beliau dengan memperkenalkan kampus ISI Denpasar secara lengkap dimulai dari sejarah berdirinya kampus, jurusan yang ditawarkan, jumlah mahasiswa, hingga kerjasama yang telah terjalin baik di tingkat nasional maupun internasional.

Tanpa ketinggalan juga Mr.AS.Takhi pun menjelaskan mengenai seni dan budaya di India, beliau mengungkapkan bahwa beberapa daerah di Bali memiliki karakteriktik budaya yang hampir sama dengan kebudayaan di India. “Selain itu, dari segi agama juga memiliki paham yang hampir sama” ungkapnya. Kerjasama antara Indonesia dan India yang telah terjalin selama ini sangat mendukung proses pengenalan seni dan budaya, untuk itu dalam waktu dekat ini, tepatnya bulan Mei, Mr.A.S.Takhi mengundang seniman lukis dari ISI Denpasar untuk mengikuti Asian Painter Exhibition yang ditujukan bagi mahasiswa dan dosen.

Program-program yang ditawarkan tidak hanya berhenti sampai disitu, “kami juga menawarkan beasiswa kepada mahasiswa dan dosen ISI Denpasar, baik yang berupashort term course maupun fully funded untuk tingkat sarjana, magister, hingga doctoral” ungkap Mr.AS.Takhi. Kesempatan ini ditanggapi positif oleh Prof Rai, beliau mengungkapkan bahwa kerjasama antara dua Negara ini tidak hanya saja dalam kaitannya dengan seni dan budaya, namun juga pendidikan.

Di kesempatan yang sama Mr.AS.Takhi mengucapkan terimakasih atas berkenannya ISI Denpasar menjadi tuan rumah dalam pagelaran kesenian Indian Classical Dance and Music Concert oleh group kesenian Queen’s of India yang akan dilaksanakan pada hari jumat (30/3), pukul 19.30, di gedung Natya Mandala ISI Denpasar. Sebelum mengakhiri kunjungannya, Mr.AS.Takhi turut mengundang Rektor ISI Denpasar beserta jajarannya untuk mengunjungi Consulate General India di Bali, serta berharap program-program yang ditawarkan akan mendapatkan respon yang positif.

Comments are closed.