Kunjungan Direktur Seameo Spafa

Kunjungan Direktur Seameo Spafa

Kiriman Ni Ketut Dewi Yulianti, staf dosen PS. Seni Karawitan

Senin (26/3) Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar menerima kunjungan Centre Director SEAMEO SPAFA, Regional Centre for Archaeology and Fine Arts, part of the Southeast Asian Minister of Education Organization(SEAMEO), Dr.M.R. Rujaya Abhakorn yang mengadakan lawatan ke Bali guna mempromosikan dan membantu dalam memperkaya aktivitas budaya dan arkeologi di Bali. Dr.M.R. Rujaya Abhakorn diterima di Ruang Rektor sebelum melihat dari dekat proses belajar-mengajar di kampus seni satu-satunya di Bali ini. Setelah pemaparan rencana kerjasama dan kegiatan SEAMEO SPAFA, Dr.Abhakorn didampingi Pembantu Rektor I, III, dan IV,Dekan kedua Fakultas beserta jajarannya, kemudian diajak melihat aktivitas kampus ISI Denpasar.

Centre Director SEAMEO SPAFA ini berkesempatan mengunjungi pameran lukisan mahasiswa FSRD ISI Denpasar, dilanjutkan dengan menyaksikan pementasan tari serta workshop tari, gamelan dan wayang oleh mahasiswa dan dosen FSP. Adapun tari yang dipentaskan adalah Tari Selat Segara dan Tari Jauk Manis. Demonstrasi pengajaran tari Bali oleh I Gusti Ayu Srinatih, belajar wayang oleh Nyoman Sukerta. Kekaguman Dr.Abhakorn akan budaya Bali diekpresikan lewat pertanyaan-pertanyaan seputar tarian dan gamelan, dan kekagumannya semakin kentara ketika melihat kelas tata rias yang sedang mengadakan ujian praktek tata rias sanggul Bali. “This’s my first time to see a class like this. It’s fantastic. Next June, I’m going to send 30 teachers from Thailand in exchange program to study Balinese culture. ISI Denpasar is really a good place to study about the culture and also the best place for preserving the culture ”ujar Abhakorn.

“Dr.Abhakorn akan berada di Bali hingga 29 Maret, dan agenda selanjutnya adalah menjajaki kerjasama dengan sekolah menengah yang ada di Bali. Sekolah pertama yang akan kami kunjungi adalah SMKN 3 Sukawati,”papar PR IV I Wayan Suweca,S.Skar.,M.Mus.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S.,M.A.telah menjadi Governing Board Member SEAMEO wakil Indonesia selama dua periode sehingga nama ISI Denpasar sudah tidak asing lagi di lingkungan SEAMEO SPAFA,sehingga Dr.Abhakorn memilih ISI Denpasar dalam kunjungannya kali ini.

Comments are closed.