Kunjungan Gyeongsang National University

Kunjungan Gyeongsang National University

Kiriman Ni Nyoman Dewi Febriyani, ST., MDes., Staf Dosen FSRD.

Kamis (9/2) bertempat di Ruang Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Rektor ISI Denpasar menerima kunjungan Prof. Mi Sook Kim dari Gyeongsang National University Republik Korea, beserta asistennya. Dalam kesempatan ini rombongan diantarkan oleh Gaura Mancacaritadipura yang merupakan staf ahli Wamen bidang pendidikan.

Tujuan kedatangan ke kampus ISI Denpasar adalah memperkenalkan kampus Gyeongsang National Unversity, kemudian ingin mengetahui sistem pendidikan yang berlangsung di ISI Denpasar, serta ingin mengadakan kerjasama dalam bentuk MoU antara kampus Gyeongsang National University yang merupakan universitas paling terkemuka di Republik Korea dengan kampus seni ISI Denpasar di bidang kesenian tari, adapun hal-hal yang dikemukakan adalah mengadakan kerjasama di bidang pertukaran dosen, pertukaran pelajar, serta pertukaran pertunjukkan. "Khusus untuk pertukaran pelajar kami menawarkan double degree, dimana mahasiswa akan belajar di korea selama 2 tahun dan di tempat asal selama 2 tahun", ungkap Prof Mi Sook yang diterjemahkan oleh asistennya.

Bagaikan gayung bersambut, sambutan positif pun dilemparkan oleh prof Rai, "tawaran yang sangat baik sekali dan hal ini akan terus meningkatkan networking ISI Denpasar dengan beberapa kampus di dunia". Presentasi singkat yang dibawakan Prof Rai dalam kesempatan ini menyita perhatian Prof Mi Sook mengenai Kampus ISI Denpasar yang telah menjalin kerjasama dengan berbagai kampus di hampir seluruh belahan dunia. "Jika hal ini (MoU) terwujud, tentu saja ini akan menjadi MoU yang pertama dengan kampus yang berada di Korea" ungkap Prof. Rai dengan nada gembira. Kegembiraan juga dilontarkan oleh staf ahli wamen bidang Pendidikan, Gaura, "Dikti sangat mendukung adanya kerjasama antara kampus lokal dengan internasional dalam hal peningkatan pendidikan dan kebudayaan" ungkapnya.

Keinginan Prof Mi Sook untuk melihat aktivitas belajar mengajar di ISI Denpasar khususnya di bidang kesenian Tari belum sempat terwujud, dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang belum aktif dan juga karena adanya liburan hari raya Kuningan. Hal ini menjadi permakluman kepada Prof Mi Sook, "Saya akan mengunjungi ISI Denpasar lagi di lain kesempatan". tutupnya.

Comments are closed.