Kunjungan ISI Padang Panjang ke Jurusan Kriya Seni FSRD

Mar 3, 2010 | Berita

Setelah sebelumnya Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar kedatangan tamu dari Universitas Negeri Jakarta, kini giliran Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Denpasar, Jurusan Kriya yang dikunjungi oleh rombongan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang kemarin (2 Februari 2010). Rombongan yang terdiri dari 20 mahasiswa semester V dan VII serta 6 dari para dosen pembimbing, disambut oleh jajaran Dekanat FSRD (PD I: Drs. Olih Solihat Karso, M.Sn., PD II: Drs. Made Bendi Yudha, M.Sn., PD III: Drs. D.A. Tirta Rai, M.Si), Ketua Jurusan Kriya ISI Denpasar Drs. I Ketut Muka, M.Si, serta para dosen di lingkungan ISI Denpasar. Dalam kunjungan yang terbilang singkat terungkap bahwa ISI Padang Panjang melalui Sekretaris Jurusan Kriyanya, Drs. Sumadi, M.Sn, bahwa ISI Pedang Panjang berencana akan mengadakan kerjasama dengan ISI Denpasar, yang nantinya dikuatkan oleh MOU. Beberapa program yang mungkin bisa terealisasi adalah adaya pertukaran dosen antara ISI Denasar dengan ISI Padang Panjang. Hal tersebut dikarenakan gaung dari kriya Bali sangat terkenal hingga ke mancanegara, sehingga pihak ISI Padang Panjang sangat menginginkan memperoleh ilmu dari para dosen Kriya dari ISI Denpasar. Ide tersebut sangat disambut baik oleh jajaran FSRD ISI Denpasar. Menurut Pembantu Dekan II, Drs. Made Bendi Yudha, M.Sn., timbal balik juga bisa dilakukan oleh ISI Padang Panjang, dimana untuk menambah wawasan ilmu tentang kriya seni dari Padang Panjang, maka perlu juga mendatangkan dosen terbang dari ISI Padang Panjang. Selain itu Jurusan Kriya ISI Padang Panjang juga menginginkan mengadakan pameran dan seminar bersama. Terutama mereka menginginkan ikut terlibat dalam event pameran seni kriya dalam ajang tahunan Pesta Kesenian Bali (PKB) yang sudah menginternasional. Dimana jurusan Kriya FSRD ISI Denpasar tidak pernah absen untuk mengikuti pameran tersebut.

Sementara menurut Ketua Jurusan Kriya FSRD ISI Denpasar, Drs. I Ketut Muka, M.Si., program-program dengan terobosan baru ini sangat baik untuk diterapkan, guna menarik simpati calon-calon mahasiswa untuk terjun ke Jurusan Kriya ISI Denpasar. Mengingat minat calon mahasiswa untuk belajar di Jurusan Kriya ISI Denpasar sangat minim padahal Bali menjadi pusat pasar kriya, tidak hanya ditingkat nasional bahkan internasional.  Selain mendukung beberapa rencana program yang akan dicanangkan, guna membangkitkan kriya nusantara, untuk yang ketiga kaliya, para mahasiswa kriya dari berbagai universitas/ institut berkumpul mengadakan event tahunan yang bertajuk “Temu Karya Mahasiswa Kriya” . Untuk tahun 2010 ini, ISI Denpasar dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tersebut, diantaranya menggelar pameran serta seminar bersama.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...