Kunjungan Muhibah Seni Budaya ISI Denpasar Menuju Beijing

Kunjungan Muhibah Seni Budaya ISI Denpasar Menuju Beijing

cina 5Kiriman: Nyoman Dewi Pebryani, ST., MA. (Dosen PS Desain Fashion ISI Denpasar).

Cina- Institut Seni Indoensia (ISI) Denpasar mengadakan Muhibah Seni Budaya ke Nanjing University of Arts (NUA) Nanjing dan -Central Concervatory of Music, Beijing (CCOM). Rombongan yang dipimpin oleh I Wayan Suweca, S.SKar.,M.Mus bertolak ke negeri Cina selama 7 hari dimulai dari tanggal 4 hingga 10 November 2013, delegasi yang berangkat sejumlah 34 orang, terdiri dari 32 orang dari ISI Denpasar yang merupakan gabungan dosen dan mahasiswa serta 2 orang dari tim pemantau DIKTI.

Kedatangan rombongan ISI Denpasar disambut baik oleh pihak NUA, adapun kunjungan muhibah seni ini difokuskan pada pembicaraan kerjasama kedua belah pihak yang nantinya akan tertuang dalam Memorandum Of Understanding (MoU) antara NUA dan ISI Denpasar. Sebagaimana diketahui bersama bahwa ISI Denpasar dengan visinya menjadi Center of Excellence saat ini telah memiliki jalinan kerjasama dengan banyak universitas baik di dalam dan luar negeri, salah satunya dengan negara Cina yang direncanakan akhir bulan Maret 2014 pihak NUA akan mengunjungi ISI Denpasar untuk penandatanganan MoU.

cina 3Selama berada di Cina, ketua delegasi, Bapak Suweca dari ISI Denpasar mempresentasikan profile ISI Denpasar di hadapan mahasiswa NUA. Usai presentasi kegiatan dilanjutkan dengan workshop Lukisan wayang kamasan dipandu oleh dosen dari Fakultas Seni Rupa dan Desain, kemudian workshop tari dan kecak yang dipandu oleh dosen dari Fakultas Seni Pertunjukan dan beberapa mahasiswa ISI Denpasar.

Pada Malam harinya acara dilanjutkan dengan pertunjukan bersama antara NUA dan ISI Denpasar yang bertempat di Gedung Teater NUA. NUA mempersembahkan 4 jenis tarian dan pihak ISI Denpasar mempersembahkan tabuh Gambang Suling, Legong Keraton, Topeng Keras, Oleg Tamulilingan, Mandau dan Giring-girirng. Semua kegiatan pertunjukan berlangsung dengan sangat terorganisir sesuai dengan agenda. Tidak lupa usai acara, ketua rombongan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas perhatian yang diberikan oleh pihak NUA, serta mengucapkan terimakasih kepada pihak KBRI atas bantuan dan support yang diberikan.

cina 4Rombongan tim kesenian ISI denpasar juga melakukan pertunjukan di CCOM atas rekomendasi dari Atdikbud RI di Beijing. Adapun materi pertunjukan di CCOM yaitu tabuh gambang suling, tari trunajaya, topeng tua, Oleg Tamulilingan , Padang Ulan, Mandau + Giring-giring. Demikianlah perjalanan muhibah seni yang telah dilakukan oleh ISI Denpasar di tahun 2013, selanjutnya ISI Denpasar akan melaksanakan kegiatan rutin muhibah seni lainnya ke negara-negara lain dalam mengemban tugas untuk memperkenalkan seni dan budaya Bali kepada khalayak luas, serta tidak luput untuk membangun jaringan dari hasi perjalanan yang dilakukan.

Comments are closed.