Kunjungan Perwakilan KBRI Berlin ke ISI Denpasar

Kunjungan Perwakilan KBRI Berlin ke ISI Denpasar

Kunjungan Wakil KBRI Berlin

Kunjungan Wakil KBRI Berlin

Denpasar- Institut Seni Indonesia Denpasar tak henti-henti melebarkan sayap untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, guna mewujudkan visi misi ISI Denpasar untuk bisa go internasional. Hal tersebut dibuktikan dengan kunjungan salah satu perwakilan KBRI Berlin Bidang Pendidikan, Birgit Steffan ke ISI Denpasar. Kedatanggannya guna mendapatkan informasi tentang ISI Denpasar sebagai langkah awal bentuk kerjasama yang mengungkinkan dapat terjalin antara ISI Denpasar dengan KBRI Berlin. Birgit Steffan mengungkapkan KBRI Berlin banyak memiliki program kegiatan khususnya bidang pendidikan, salah satunya setiap tahun menggelar pameran pendidikan guna mempromosikan perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Sehingga kedepannya salah satu perguruan tinggi yang berpotensi untuk bisa dipromosikan adalah ISI Denpasar, mengingat minat masyarakat Jerman untuk belajar di Indonesia umumnya sangat besar. Program lainnya yaitu bidang masyarakat, KBRI Berlin secara intensif mengadakan work shop dan latihan gamelan baik Jawa, Sunda dan Bali. Secara rutin pihaknya mengundang guru gamelan Jawa, Sunda dan Bali untuk mengajar gamelan kepada ibu-ibu, anak-anak keluarga KBRI dan masyarakat Jerman yang tergabung dalam sanggar Puspa Kencana. Birgit yang berstatus juga sebagai alumni mahasiswa asing tahun 1993 ini memberikan kesempatan kepada ISI Denpasar untuk dapat mempromosikan kampus lewat berbagai kegiatan yang digelar ISI Denpasar dengan mengirimkan berbagai berita menarik ke KBRI guna diterbitkan dalam newsletter milik KBRI Berlin. Didampingi coordinator Mahasiswa asing Birgit mendapat kesempatan juga untuk melihat kegiatan mahasiswa asing di ISI Denpasar dalam keahliannya memainkan tabuh, yang nantinya dapat dilaporkan sebagai berita dalam newsletter KBRI Berlin.

Kedatangan perwakilan KBRI Berlin bagian pendidikan diterima langsung oleh Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A, serta Koordinator Dharmasiswa RI ISI Denpasar, Ni Komang Artini, S.S. Pada kesempatan tersebut Rektor ISI Denpasar memberikan sumbangan beberapa buku berupa jurnal ilmiah seni dari beberapa jurusan yang dimiliki ISI Denpasar serta jurnal seni budaya Mudra berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Sumbangan buku dari ISI Denpasar tersebut akan dikoleksi di perpustakaan yang dimiliki KBRI Berlin. Menurutnya sumbangan ini sangat bermanfaat sehingga kedepan dirinya akan berlangganan jurnal milik ISI Denpasar. Dari hasil kunjungannya ke ISI Denpasar, Birgit berencana akan mengadakan beberapa kerjasama dengan ISI Denpasar. Mengingat kampus seni ini memiliki potensi besar untuk turut mempertahankan adat, seni dan budaya Bali. Kerjasama tersebut diantaranya memberikan kesempatan ISI Denpasar untuk tampil dalam pameran pendidikan guna memamerkan produk-produk pendidikan berbasis seni.

Sementara Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A, menyambut baik kedatangan perwakilan KBRI Berlin ini. Dalam tahap awal pembicaraan, pihaknya bisa mencari celah kerjasama akademik, mengingat ISI Denpasar memiliki mahasiswa asing yang berasal dari Jerman, melalui program Darma siswa. Apalagi jalinan kerjasama ini menunjukkan eksistensi ISI Denpasar dikancah internasional dengan sudah dijalinnya beberapa kerjasama, tidak hanya menyasar kerjasama dengan Perguruan Tinggi Asing tapi juga mencari hubungan baik dengan beberapa KBRI yang tersebar di dunia. Tercatat saat ini ISI Denpasar telah mengirim 2 dosennya untuk mengajar di Paris sebagai bentuk kerjasama dengan KBRI Paris setelah keberhasilannya menjalin kerjasama dengan KBRI Kamboja, Thailand, Moskow, dan lainnya. Prof. Rai mengungkapkan kebanggaannya terhadap Birgit yang berstatus sebagai alumni mahasiswa asing yang masih eksis untuk mempromosikan ISI Denpasar, dan Bali umumnya. Tercatat tahun ini ISI Denpasar sudah menamatkan 19 mahasiswa asing, dengan rincian 6 orang laki-laki serta 13 wanita, yang berasal dari 13 negara yang tersebar di dunia. Sehingga kedepan diharapkan kedepan para mahasiswa asing dari berbagai Negara ini juga mempunyai misi untuk membawa nama ISI Denpasar ke negaranya masing-masing untuk dipromosikan. Hal ini pun membukakan peluang kepada ISI Denpasar Kedepan untuk dapat mengadakan pertukaran mahasiswa dan dosen ISI Denpasar ke Perguruan tinggi Luar Negeri. Selain itu dapat menjalin kerjasama akademik dengan mengadakan penelitian bersama atau mengadakan misi kesenian bersama.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Comments are closed.