Kunjungan Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia

Kunjungan Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia

Kiprah ISI Denpasar sebagai institusi yang mengembangkan kesenian dan melestarikan kesenian dan kebudayaan Bali telah dikenal secara internasional, buktinya pada penghujung bulan Juni (30/6) ISI Denpasar kedatangan rombongan dari Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia. Itu terungkap dalam Acara Penerimaan Oleh Rektor ISI di Ruang Sidang Rektorat ISI Denpasar.

Dalam pertemuan tersebut terungkap mereka adalah Dosen dan Mahasiswa dari Jurusan Minor Tari yang bertujuan untuk mengapresiasi sejarah tari dan berencana mengadakan semacam workshop untuk mempelajari bagaimana kedudukan dan sejarah tari pendet bagi masyarakat Bali dan menganalisa keunikan atau kekhasan tari pendet dibandingkan tari yang lain, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman lagi seperti kejadian yang telah terjadi waktu yang lalu. Nah berkaitan dengan diadakannya Pesta Kesenian Bali XXXII ini mereka sedang mengapresiasi kesenian-kesenian yang ditampilkan pada PKB tersebut dan berencana untuk tampil pada event tersebut tahun depan. Rencananya mereka akan menampilkan teater rakyat Melayu yang memang khas dari Malaysia.

Salah seorang dosen juga menanyakan langkah-langkah yang ditempuh ISI Denpasar sehingga dapat menerima mahasiswa asing dari seluruh dunia dan bagaimana pola pendidikan seni di ISI Denpasar. Rektor ISI Denpasar menjelaskan dengan diselingi dengan joke-joke ringan sehingga membuat suasana menjadi hangat.

Sekilas Tentang Universiti Pendidikan Sultan Idris

Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) merupakan salah satu institusi pendidikan tertua di Malaysia yang berdiri sejak 1922. Universiti ini mengkhususkan diri pada bidang seni, teknologi, sastra, humaniora sampai agama yang terbagi menjadi 10 Fakultas yaitu: Fakulti Bahasa dan Komunikasi , Fakulti Muzik dan Seni Persembahan , Fakulti Pendidikan dan Pembangunan Manusia , Fakulti Sains dan Matematik , Fakulti Seni, Komputeran dan Industri Kreatif , Fakulti Pengurusan dan Ekonomi , Fakulti Sains Sukan dan Kejurulatihan, 
Fakulti Sains Kemanusiaan , Fakulti Pendidikan Teknikal dan Vokasional , Institut Pengajian Siswazah. Di UPSI juga terdapat program Magister pasca sarjana dan Doktoral sesuai dengan bidang yang dipilih.

Humas ISI Denpasar

Comments are closed.