Laporan Dekan Fakultas Seni Pertunjukan Semiloka Pemutahiran Kurikulum

Laporan Dekan Fakultas Seni Pertunjukan Semiloka Pemutahiran Kurikulum

Dekan FSP

Dekan FSP

Laporan Dekan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Denpasar

”Semiloka Pemutahiran Kurikulum”

Tanggal 14 Desember 2009

OM SWASTI ASTU

”Wasalam walaikum warahmatulohi wabarakatu”

Salam Sejahtera Untuk Kita Semua,

Yang terhormat Bp Rektor Institut Seni Indonesia Denpasar yang dalam hal ini diwakili oleh Bp. Pembantu Rektor I

Yg kami hormati Bp. Pembantu Rektor II,III dan IV

Yg kami hormati Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain beserta jajarannya.

Yg kami hormati para pembantu Dekan FSP ISI Denpasar

Yg kami hormati Prof. Drs. Dewa Komang Tantra, M.Sc., Ph.D. Selaku Nara Sumber

Yg kami hormati Ketua P3AI ISI Denpasar

Yg kami hormati Ketua dan Sekretaris Jurusan (Tari, Karawitan dan Pedalangan) FSP ISI Denpasar.

Bapak ibu dosen serta panitia Loka Karya  Pemutahiran Kurikulum FSP ISI Denpasar dan hadirin yang berbahagia.

Atas Asung Kerta Wara Nugraha Ida Sang Hyang Widi Tuhan Yang Maha Esa, kita dapat berkumpul di tempat ini Gedung Pusat Dokumentasi Institut Seni Indonesia Denpasar dalam keadaan sehat. Pada kesempatan ini terlebih dahulu ijinkan saya menyampaikan laporan singkat terkait dengan kegiatan semiloka Pemutahiran Kurikulum Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Denpasar yang merupakan salah satu program yang didanai melalui dana DIPA ISI Denpasar tahun 2009. Terlaksananya kegiatan ini tidak terlepas berkat kerjasama seluruh komponen di  tingkat Insititut maupun di tingkat Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar. Selaku Pimpinan Fakultas telah sewajarnya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga utamanya Bp Rektor beserta jajarannya, Bp. nara sumber serta seluruh peserta Semiloka yang telah bersedia meluangkan waktu mencurahkan pikiran dan tenaganya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Hadirin yang kami hormati

Dapat kami laporkan bahwa, semiloka ini diikuti oleh seluruh dosen di lingkungan Fakultas seni Pertunjukan ISI Denpasar, yang pelaksanaannya dilakukan dua tahap. Tahap pertama hari ini merupakan telaah jabaran Kurikulum Berbasis Kompetensi oleh nara sumber  yang masih pada tataran umum, sedangkan tahap kedua lebih bersifat substansi terfokus pada hal-hal yang mendasar tentang pemberlakuan kurikulum pada lembaga pendidikan seni yang pelaksanaanya setelah hari ini. Untuk itu kami berharap secara bersama-sama dapat mengikuti pencerahan dari nara sumber terkait wacana yang berkembang terkait isu-isu strategis tentang kurikulum Perguruan Tinggi yang setiap tahunnya sangat perlu di tinjau dan disempurnakan, bahkan dimutahirkan dengan melibatkan tenaga ahli baik dari eksternal dan internal perguruan tinggi dengan tetap berpedoman pada standar kompetensi lulusan dan standar isi serta panduan penyusunan kurikulum yang dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Hadirin yang kami hormati

Sedikit kami singgung bahwa ada beberapa prinsip-prinsip kurikulum itu dikembangkan antara lain:

  1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
    1. Beragam dan terpadu
  2. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
  4. Menyeluruh dan berkesinambungan
    1. Belajar sepanjang hayat, dan
    2. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

Sedangkan pelaksanaan kurikulum di setiap satuan pendidikan terkait dengan tema yaitu pemutahiran kuikulum, disamping menggunakan prinsip-prinsip tersebut di atas, kurikulum dilaksanakan menggunakan pendekatan multistrategis dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, dengan prinsip Alam Takambang Jadi Guru (semua yang terjadi, tergelar dan berkembang di masyarakat dan lingkungan sekitar serta lingkungan alam semesta dijadikan sumber belajar, contoh dan teladan). Ini kami kutif dari Pedoman Penyelenggara Pndidikan Untuk Peserta Didik Cerdas Istimewa, Departemen Pendidikan Nasional tahun 2009.

Hadirin yang kami hormati

Pada kesempatan ini, kami mohon kepada Bp. nara sumber dapat memberikan petunjuk, pencerahan terhadap isu-isu strategis yang ada,  yang selanjutnya secara substansi akan  ditindak lanjuti oleh Task Force bentukan masing-masing Jurusan di Fakultas Seni Pertunjukan, karena menurut kami  baik manyangkut konten/isi dengan mengangkat muatan lokal/kearifan lokal,  pemadatan SKS, sebaran mata kuliah , penamaan mata kuliah, SAP, GBPP, dosen pengampu dan lain-lain yang paling mengetahui adalah interen masing-masing jurusan yang ada. Oleh sebab itu secara bertahap kami harapkan Task force masing-masing jurusan dapat membahasnya, menganalisa secara cermat dan mendalam, sehingga hasilnya betul-betul dapat mencerminkan kurikulum yang mendekati ideal untuk perguruan tinggi seni sesuai dengan perkembangan yang ada.

Bp Rektor dan hadirin yang kami hormati

Melalui kesempatan yang baik ini kami menghaturkan trima kasih yang tak terhingga atas kehadiran Bapak Ibu semua, utamanya Bapak Pembantu Rektor beserta seluruh pejabat structural ISI Denpasar, Bp. nara sumber,  dan peserta semiloka yang telah meluangkan waktunya mengikuti kegiatan ini. Kami atas nama pimpinan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Denpasar memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak, semoga melalui kegiatan ini betul-betul dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua.  Selanjutnya kami mohon kepada Bapak Rektor dalam hal ini diwakili Bp PR I dapat memberikan kata sambutan sekaligus membuka secara resmi ”Pemutahiran Kurikulum Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar tahun 2009”

Demikian laporan singkat ini disampaikan, kami mohon maaf apabila dalam pelaksanaan kegiatan ini ada yang kurang berkenan.

Akhirnya kami tutup dengan Parama Santhi.

OM SANTIH SANTIH SANTIH OM

Denpasar, 14 Desember 2009

Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpas

I Ketut Garwa, SSn., M.Sn.

NIP. 19681231 199603 1 007

Comments are closed.