Lewat Kepres no. 14/ tanggal 27/02 2009, Presiden Menetapkan Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A Sebagai Rektor ISI Denpasar

Lewat Kepres no. 14/ tanggal 27/02 2009, Presiden Menetapkan Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A Sebagai Rektor ISI Denpasar

lim_4398-copyJakarta. Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A dilantik menjadi Rektor ISI Denpasar periode 2009-2013 oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Prof. Dr. Bambang Sudibyo, berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) nomor 14 tertanggal 27 Februari 2009. Pelantikan berlangsung di Gedung A, Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) Jakarta. Pada kesempatan tersebut juga Mendiknas melantik 8 pejabat asselon I dan II, diantaranya Dr. Rahmat Wahab M.Pd., M.H sebagai Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof. Dr. I Wayan Rai., S. M.A sebagai Rektor ISI Denpasar, Drs. Selamet Purnomo, M.BA sebagai Inspektur Investigasi Irjen Depdiknas, Prof. Dr. Najaji Anwar sebagai Kepala Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Balitbang Depdiknas, Prof. Dr. M Zaim, M.Hum, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatra Barat, Drs. Mahali, M.M sebagai Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Tengah, Dr. Andri Kosas Rohman, M.Hum sebagai Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sulawesi Selatan dan Ir. Jayan Baskoro, M.Pd., Kepala Pusat Pengembangan Regional I.

Dalam sambutannya Mendiknas, Prof. Dr. Bambang Sudibyo mengharapkan kepada ke dua rektor yang dilantik untuk terus memelihara dan mengembangkan pogram-program unggulan, menciptakan program-program inovatif, mampu membangun atmosfir kerja yang kondusif serta bekerja keras terus untuk mengembangkan jejaring keseluruh dunia. Mendiknas meminta kepada Rektor UNY dan Rektor ISI Denpasar segera melanjutkan dan meningkatkan kualitas program - program unggulan yang inovatif disertai perluasan jejaring kerja sama dengan berbagai institusi maupun kalangan industri. "Saya juga meminta Saudara mampu membangun iklim yang kondusif, baik akademik maupun manajerial di pergurutan tinggi yang Saudara pimpin, sehingga penyelenggaraan pendidikan dapat berjalan optimal," katanya.

Pelantikan Prof. Rai sebagai Rektor ISI Denpasar dihadiri oleh kerabat, seniman, budayawan, rohaniawan, tokoh masyarakat, perwakilan senat, para pejabat struktural serta para staf dan dosen dilingkungan ISI Denpasar. Para undangan mengungkapkan, telah dilantiknya Prof. Rai sebagai Rektor ISI Denpasar akan membawa babak baru bagi dunia pendidikan Indonesia umumnya dan kemajuan ISI Denpasar pada khususnya. Karena lembaga pendidikan senilah untuk saat ini yang memiliki peluang besar untuk dapat bersaing dengan perguruan tinggi ternama di dunia. Dengan kemajuan yang telah dicapai ISI Denpasar selama kepemimpinan Prof. Rai, akan tercipta satu kesejajaran berpotensi yang mampu mengubah paradigma dunia pendidikan di Indonesia.

Sementara Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan Rai S., MA menyampaikan ungkapan terimakasih yang tak terhingga atas doa dan dukunganya selama ini. “Layaknya mengendarai motor janganlah kita melihat kebelakang dalam hal ini adalah masa lalu, tapi pandanglah kedepan, dan sesekali tidak menutup kemungkinan kita melihat kebelakang dengan menoleh spionnya”. Dari ungkapan tersebut Prof. Rai mengungkapkan bahwa kini saatnya bersama-sama membangun ISI Denpasar, saling memaafkan dan bersatu padu untuk mewujudkan cita-cita dunia pendidikan di Indonesia seperti yang telah digariskan oleh Depdiknas. Apalagi tahun 2009 Pemerintah telah mencanangkan sebagai tahun kreatif, sehingga tugas dan fungsi institusi pendidikan seni sangat berperan sekali di dalam pembangunan di bidang industri kreatif tersebut. Semoga dengan pelantikan ini dapat menggerus polemik yang selama ini terjadi di kampus seni ini, sehingga ISI Denpasar dapat menjalankan fungsinya secara maksimal yaitu sebagai lembaga pengembangan dan pelestarian seni dan budaya Bali. Seperti yang telah dicita-citakan para pendirinya dan masyarakat Bali pada umumnya.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Comments are closed.