Membuka Cakrawala Mahasiswa Lewat Studi Ekskursi dan Workshop Fakultas Seni Pertunjukan ke ISI Yogyakarta

Membuka Cakrawala Mahasiswa Lewat Studi Ekskursi dan Workshop Fakultas Seni Pertunjukan ke ISI Yogyakarta

Awal perkuliahan bagi mahasiswa ISI Denpasar dimulai dengan hal yang lain dari biasanya. Para mahasiswa semester VII dari dua fakultas (Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain) ISI Denpasar menggelar Studi Ekskursi Akademik yang mengambil tempat di Yogyakarta. Kegiatan ini telah berlangsung dari tanggal 15-18 September 2009.

Menurut Dekan Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) ISI Denpasar I Ketut Sariada, SST rombongan FSP terdiri dari 87 orang yang terdiri dari 63 Mahasiswa dari semua Jurusan (Tari, Karawitan dan Pedalangan) dan sisanya 24 orang adalah dosen pembimbing, pegawai dan panitia acara. Sariada menerangkan kegiatan ini diawali pada tanggal 14 Sept 2009 dengan studi ke Borobudur melihat cagar budaya sebagai peninggalan sejarah yang perlu dilestarikan. Pada tanggal 15 Sept 2009 seluruh Rombongan FSP ISI Denpasar melakukan kegiatan workshop di ISI Jogja. Rombongan diterima oleh Pembantu Rektor I dan Pembantu Rektor III, beserta Dekan, Pembantu Dekan I dan Ketua Jurusan Tari, Karawitan dan pedalangan ISI Jogja bertempat di Gedung Auditorium Teater. Kegiatan sebelum workshop diawali dengan tukar menukar informasi dan tanya jawab mengenai pengelolaan administrasi, dan kurikulum dari jurusan masing-masing. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan workshop sesuai jurusan masing-masing, untuk Jurusan Tari oleh instruktur Theresia Suharti, M.S., diberikan tari Golek Asmarandana Bawaraga. Workshop Jurusan karawitan dengan instruktur Bapak Trustho, dengan materi Gending Lancaran dan Ladrang,  sedangkan Jurusan Pedalangan dengan materi Praktek Pakeliran Jawa. Dilanjutkan dengan kegiatan disore hari dengan menyaksikan latihan tari Srimpi Renggowati dan tari Lawung di ndalem Yudanegaran untuk pergelaran pembukaan Festival Yogyakarta pada bulan Oktober.

Pada tanggal 16 September, setelah kegiatan latihan semua jurusan dari hasil Workshop selesai, dilanjutkan dengan pementasan dan penutupan kegiatan Studi Ekskursi dan Workshop Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar di ISI Yogyakarta yang ditutup oleh Rektor ISI Denpasar yang dihadiri dari para pimpinan ISI Yogyakarta, PR I, PR III, Dekan, Pembantu Dekan, dan Jurusan. Yang hadir dari ISI Denpasar, PR I, PR IV, Dekan, Pembantu Dekan, dan Jurusan-jurusan. Pementasan hasil Workshop dan Studi Ekskursi, diawali dengan pertunjukan karawitan Tabuh Kebyar Dang Citta Uttsawa, dilanjutkan tari Pendet, tari Golek Asmarandana Bawaraga (hasil workshop Jurusan Tari), Tari Kontemporer bagian karya FKI Mhs ISI Yogyakarta, Tari Kebyar Terompong, Tari Satya Brastha, dan diakhiri dengan pentas topeng Bondres oleh Mhs Pealangan ISI Denpasar.

Pada hari Kamis, 17 Sept 2009 Kegiatan Studi Ekskursi dilanjutkan menuju ke Candi Prambanan dan Keraton Surakarta, Sementara Rektor ISI Denpasar Prof. Dr. I Wayan Rai S., MA saat ditemui disela-sela penutupan menyampaikan rasa gembiranya, karena kegiatan berjalan dengan sangat lancar. Para mahasiswa ISI Denpasar pun telah berbuat sesuatu hal positif dengan menampilkan karya terbaik serta telah mampu menganggat citra dan nama baik kampus. Melalui kegiatan Sstudi Ekskursi Akademik ini akan terjadi silang buadaya, menambah wawasan lewat studi komparatif, sehingga kita dapat mengambil sisi positif dari lembaga yang kita kunjungi untuk kita kembangkan di kampus kita sendiri.

Comments are closed.