Lomba Foto Sadar Wisata: Giatkan Kecintaan Wisata dengan Lomba Foto

Lomba Foto Sadar Wisata: Giatkan Kecintaan Wisata dengan Lomba Foto

Masyarakat yang gemar berwisata sekaligus hobi memotret bisa lebih mengeksplorasi bakatnya lewat lomba foto Sadar Wisata 2011. Lomba yang diselenggarakan Direktorat Pemberdayaan Masyarakat, Ditjen Pengembangan Destinasi Pariwisata (Ditjen PDP) Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) ini menyiapkan total hadiah Rp 50 juta.

Direktur Pemberdayaan Masyarakat Kemenbupar Drs. Bakri, MM mengatakan, lomba ini bertujuan untuk menggalakkan kesadaran masyarakat agar semakin mencintai daerah wisata di Tanah Air. "Kami berharap komunitas fotografi dan masyarakat umum bisa mengikuti lomba ini, sekaligus untuk menginformasikan daerah tujuan wisata di Indonesia, "kata Bakri saat jumpa pers di Gedung Sapta Pesona kantor Kementerian Budpar Jakarta, Kamis (9/6).

Tema lomba foto kali ini "Peran Masyarakat dalam Menggalakkan Sadar Wisata di Destinasi Pariwisata Melalui Penerapan Sapta Pesona". Lomba ini telah berlangsung sejak 1 Maret lalu dan penyerahan karya foto masih ditunggu hingga 24 Juni mendatang. Hingga kini sudah ada 210 foto yang masuk ke meja dewan juri. Masih banyak waktu dan kesempatan untuk mengirimkan foto tersebut. "Syaratnya mudah, yang penting foto itu bisa menggerakkan orang yang melihat untuk datang dan berkunjung ke destinasi wisata tersebut, "ujar Bakri.

Ada lima dewan juri yang akan menilai foto-foto tersebut yakni Sigit Pramono (Ahli fotografi " BCA), Arbain Rambey (Fotografer - Kompas), Darwis Triadi (Darwis Triadi - School of Photography), Bambang Wijanarko (Komunitas Fotografi Budpar), dan Hilda Sabri (Wartawan Bisnis Indonesia). Kelima dewan juri tersebut akan melakukan penilaian terhadap foto yang bertema Sapta Pesona, yakni Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan.

Fotografer kawakan Indonesia, Darwis Triadi berujar, untuk menghasilkan sebuah foto yang bagus tidak perlu menggunakan kamera yang mahal. Tidak perlu yang mahal. Zaman sekarang kamera pocket digital sudah banyak dijual di pasaran dengan harga murah dan kualitas bagus. "Apalagi kalau yang dipotret tempat yang memang sudah indah. Tidak perlu ragu, capture, lalu kirimkan pada kami," ujarnya.

Ketua Dewan Juri, Sigit Pramono juga menyampaikan hal senada. Ini semua bisa menjadi sumbangan kecil bagi pariwisata di Indonesia. Kita semua sudah tau, negeri kita adalah negeri yang indah, namun sayang banyak warganya yang tidak sadar akan hal itu, ujarnya sambil berharap masyarakat mau ikut mempromosikan daerah wisatanya melalui lomba ini.

Adapun karya foto terbaik dan masuk dalam nominasi juara lomba akan dipamerkan di Mal Artha Gading - Jakarta Utara selama tiga hari pada 22 hingga 24 Juli 2011 mendatang.

Sumber: budpar.go.id

Comments are closed.