LP2M ISI Denpasar Gelar Pelatihan Buku Ajar dan Modul Praktikum

LP2M ISI Denpasar Gelar Pelatihan Buku Ajar dan Modul Praktikum

IMG_0274

Kiriman : Nyoman Lia Susanthi, SS., MA (Dosen PS Film dan Televisi ISI Denpasar)

Foto : Agus Junianto, ST

Guna meningkatkan mutu pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan pembelajaran dengan kurikulum berbasis KBK, perlu dilakukan inovasi-inovasi pembelajaran melalui penyiapan materi pembelajaran dalam bentuk buku ajar dan modul praktikum. Untuk itu Pusat Pengembangan Pembelajaran Aktivitas Instruksional (P3AI) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) ISI Denpasar menggelar kegiatan Pelatihan Buku Ajar dan Modul Praktikum selama 4 hari dari tangal 7 Juli hingga 10 Juli 2014, yang terbagi dalam 2 hari penyerapan materi dan pelatihan dari instruktur dan dua hari berikutnya adalah evaluasi dan diskusi draf rancangan buku ajar dan modul praktikum.

Dalam laporannya Kepala P3AI LP2M ISI Denpasar, Dr. I Komang Sudirga, M.Hum mengungkapkan bahwa pelatihan diikuti oleh 150 dosen dari 12 prodi di ISI Denpasar, dengan rincian 65 dosen dari Fakultas Seni Pertunjukan dan 85 dosen dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Denpasar. Narasumber berasal dari Universitas Udayana yaitu Prof. Dr. I Wayan Windia, SU dengan materi “Peran Buku Ajar dan Modul Praktikum dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran”; I Nyoman Sujaya, P.hd memberikan materi “Kisi-kisi Penulisan Buku Ajar”, Prof. Dr. I Nyoman Suarsana dengan materi “ Best Practice Penulisan Buku Ajar”; Dr. Hapsari Mahatmi dengan materi “Pengembangan Modul Praktikum”; serta Dr. Ida Bagus Wayan Gunam dengan materi “Strategi Mendapatkan HIbah Buku Ajar Dikti”.  Dalam laporannya ditegaskan pula bahwa tahun 2014, salah satu dosen ISI Denpasar atas nama Agus Mulyono memenangkan hibah buku ajar dari 3 pengusul. Sehingga ditahun berikutnya dengan pelatihan ini dapat meningkatkan kuantitas dosen untuk mengajukan hibah buku ajar di Dikti.  “Ketersediaan buku ajar dan modul praktikum akan mampu memberikan acuan bagi dosen serta mahasiswa sebagai referensi untuk pembahasan materi sesuai dengan silabus dan SAP’ ungkap Dr. Komang Sudirga.

IMG_0275

Acara pembukaan pelatihan buku ajar dan modul praktikum dibuka oleh Pembantu Rektor I ISI Denpasar, Prof. Dr. I Nyoman Artayasa, M.Kes mewakili Rektor ISI Denpasar. Dalam sambutannya Prof. Artayasa menyambut baik kegiatan ini, apalagi kegiatan ini merupakan keberlanjutan dari kegiatan pelatihan buku ajar yang sudah diberikan beberapa waktu lalu. Diharapkan dengan palatihan ini para dosen ISI Denpasar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas serta bersaing untuk merebutkan hibah yang disediakan DIKTI terkait dengan hibah buku ajar. Karena salah satu indikator standar perguruan tinggi adalah tingginya capaian dosen memenangkan hibah. Sehingga besar harapan kegiatan ini juga akan membuka peluang dosen untuk lebih bergairah dalam mengajar dan dosen terus melakukan penyegaran materi ajar yang berdampak pada mahasiswa untuk lebih berfikir kreatif sehingga capaian proses pembelajaran sesuai dengan harapan.

Comments are closed.