LP2M ISI Denpasar Gelar Penilaian Proposal

LP2M ISI Denpasar Gelar Penilaian Proposal

proses penilaian proposal  skim pengabdian pada masyarakat

proses penilaian proposal skim pengabdian pada masyarakat

Kiriman: Nyoman Lia Susanthi, S.S., M.A. (Dosen PS Pedalangan).

Denpasar- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP2M) ISI Denpasar pada Selasa 14 Mei 2013, bertempat di Green Room ISI Denpasar mengadakan penilaian proposal yang mencakup 3 skim. Menurut Kepala LP2M ISI Denpasar, Drs. I Gusti Ngurah Seramasara, M.Hum., tahun 2013 ini LP2M menilai 14 proposal skim penciptaan, 12 proposal skim dosen pemula serta 5 proposal pada skim pengabdian pada masyarakat. Semua skim proposal ini adalah swadana dari lembaga ISI Denpasar, yang bertujuan untuk mendorong para dosen malaksanakan penelitian, disamping dana yang disediakan oleh DP2M melalui skim nasional dan desentralisasi. I Gusti Ngurah Seramasara, M.Hum. menambahkan bahwa terdapat peningkatan kuota proposal yang didanai. Tahun lalu hanya 5 proposal dosen pemula yang didanai, sementara tahun ini 10 proposal dosen pemula yang didanai, sementara tahun lalu tidak mendanai proposal penciptaan serta pengabdian masyarakat. Dengan meningkatnya jatah peoposal untuk didanai, maka akan berbanding lurus dengan minat dosen untuk mengajukan proposal. Meningkatnya proposal yang didanai juga diimbangi dengan proses penilaian. “Kami mementingkan kualitas, sehingga paradigm yang kita gunakan dalam proses penilaian adalah kompetitif” ungkap I Gusti Ngurah Seramasara, M.Hum.

proses penilaian proposal  skim penciptaan

proses penilaian proposal skim penciptaan

Rektor ISI Denpasar, Dr. I Gde Arya Sugiartha,S.SKar., M.Hum mengingatkan bahwa pentingnya penelitian dalam dunia perguruan tinggi terutama dalam menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi, karena penelitian mempunyai muatan akademis dan pengabdian kepada masyarakat. “Tahun ini lembaga mengalokasikan dana PNBP sebesar 20% dari total PNBP yang ada per tahun untuk kemajuan kampus ISI Denpasar” ujar Dr. Arya.  Dr. Arya juga menambahkan bahwa  pendidikan dan Pengabdian pada Masyarakat yang dilaksanakan di Perguruan Tinggi bersumber dari penelitian, melalui penelitian pula problem yang sedang dihadapi oleh masyarakat bisa ikut dipecahkan selain itu secara akademik, penelitian merupakan bagian dari pengembangan keilmuan yang dapat melahirnya cabang ilmu baru. Pembelajaran di perguruan tinggi adalah pembelajaran berdasarkan hasil-hsil penelitian bukan hanya transfer ilmu pengetahuan yang terdapat dalam  buku-buku pelajaran seperti di tingkat pendidikan dasar (SD,SMP dan SMA).

proses penilaian proposal  skim dosen pemula

proses penilaian proposal skim dosen pemula

Dari 3 skim proposal, LP2M ISI Denpasar akan mendanai 9 proposal skim penciptaan, 10 proposal skim dosen pemula serta 5 proposal skim pengabdian pada masyarakat. Tim penguji terdiri dari Prof. Dr. I Wayan Dibia, S.ST., M.A., Prof. Dr. I Nyoman Artayasa, Prof. Dr. I Nyoman Sedana, M.A, Dr. I Made Gd Arimbawa, Dr. Ni Luh Sustyawati serta Drs. I Wayan Gulendra, M.Sn.

Comments are closed.