Lukisan S. Sudjojono Diperkirakan Laku Miliaran Rupiah

Apr 4, 2011 | Berita

HONG KONG – Lukisan S. Sudjojono dianggap berkualitas dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Lukisan karya S. Sudjojono yang menggambarkan suasana desa di Indonesia pada tahun 1940-an diperkirakan akan laku miliaran rupiah dalam lelang Sotheby’s di Hong Kong, Senin (4/4).

Lukisan berjudul “Kami Hadir Ibu Pertiwi” tersebut dianggap salah satu bintang dari ratusan lukisan Asia Tenggara yang dilelang oleh Sotheby’s. “Karya Sudjojono ini memiliki arti sejarah yang penting dan punya nilai artistik yang tinggi,” kata Mok Kim-Chuan, kepala departemen lukisan Asia Tenggara Sotheby’s kepada kantor berita “AFP” yang dilansir “BBC”.

“Itulah sebabnya saya optimistis lukisan ini akan terjual mahal,” tandasnya.

Bersama lukisan Sudjojono dilelang pula 144 lukisan lain yang diduga akan terjual setidaknya US$4,6 juta atau sekitar hampir Rp 40 miliar.

Harga karya seni Indonesia naik sejak pertengahan 2000-an. Mok mengatakan lukisan-lukisan Indonesia sekarang bisa berharga jutaan dollar sementara pada 1999 harga paling tinggi hanya US$8.000.

“Bagi dunia, Indonesia sekarang dianggap sebagai pasar baru yang sangat potensial,” papar Mok.

“Bali Life” karya perupa Indonesia modern Lee Man Fong terjual US$3,24 juta (sekitar Rp 28 miliar) dalam lelang Sotheby’s tahun lalu, membuatnya menjadi karya seni dari Asia Tenggara termahal yang pernah dilelang.

Lukisan “The Man From Bantul” karya I Nyoman Masriadi laku US$1 juta (sekitar Rp 9 miliar) atau lima kali lebih tinggi dari perkiraan awal dalam lelang pada 2008.

Sumber tulisan: pikiran-rakyat.com

Sumber foto: rnw.nl

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...