Macam dan Jenis Kerajinan di Kabupaten Klungkung

Macam dan Jenis Kerajinan di Kabupaten Klungkung

Laporan Penelitian Imhere

Oleh: I Made Berata, S.Sn, Msn, Drs. I Wayan Mudra, M.Sn., Dra. Ni Kadek Karuni, M. Sn., I Made Latra., I Made Yudha Pariwa

Abstrak

Lukisan KamasanPenelitian ini bermaksud mengungkap dan memetakan berbagai macam produk seni kerajinan yang dimiliki Daerah Kabupaten Tingkat II Klungkung, yang tersebar di wiayah kecamatan. Oleh karena itu diperlukan pendekatan, yakni pendekatan survei, temasuk dalam wadah penelitian kwalitatif. Data-data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara untuk mengumpulkan data verbal dan sekunder. Terkait data-data visual dikumpulkan dengan pemotretan. Data tersebut kemudian dikodifikasi, dikategorikan, direduksi, selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif analitis.

Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa beragam aktivitas dan produktivitas kerajinan yang tersebar di wilayah pedesaan terpencil, yang terdapat di tiap-tiap kecamatan, daerah Kabupaten Klungkung. Berbagai macam produk kerajinan seperti, kerajinan klongsong peluru, pis bolong (uang kepeng), perak, cenderamata di desa kamasan. Kerajinan gerabah di desa tojan, tenun songket di desa gelgel, kerajinan kuningan/ bola mimpi di desa Budaga, pelepah pisang di desa Satra, dan kerajinan tenun warna alam di desa Tegak Kecamatan Klungkung. Macam produk kerajinan seperti tedung (payung), kain prada, tempurung terdapat di desa Satriya, dan kerajinan keris terdapat di desa Kusamba Kecamatan Dawan. Sedangkan kerajinan gong di desa Tihingan, batok/tempurung kelapa di desa Banjarangkan, kecamatan Banjarangkan. Pruduk-produk kerajinan tersebut di atas bukan hanya untuk konsumsi pariwisata, tetapi lebih pada konsumsi masyarakat lokal terkait dengan kepentingan keagamaan, sehingga aktivitas membuat barang kerajinan di Kabupaten Klungkung tetap eksis.

Proses produksi barang-barang kerajinan tersebut, secara umum para perajin, ternyata menerapkan teknik dan peralatan konvensional, hanya sebagian kecil prosesnya dibantu dengan peralatan masinal. Maka, produk yang dihasilkan lebih menonjolkan pekerjaan tangan (handwoork), sehingga nampak memiliki nilai artistik dan estetik yang masif.

Berbagai macam produk kerajinan yang ada di masing-masing kecamatan daerah Kabupaten Klungkung, terbukti memiliki produk yang mendominasi serta identitas tersendiri sebagai aset unggulan, seperti di Kecamatan Klungkung produk kerajinan yang lebih mendominasi adalah wayang kamasan, tenun songket, klonsong peluru, dan bola mimpi; di kecamatan Dawan kerajinan keris, kain prada dan tedung (payung); sedangkan kerajinan gong lebih mendominasi kecamatan Banjarangkan.

Comments are closed.