Macam Dan Jenis Seni Kerajinan Di Kabupaten Klungkung Bali

Macam Dan Jenis Seni Kerajinan Di Kabupaten Klungkung Bali

Oleh: I Made Berata

Makalah Seminar IMHERE 2009

Aktivitas membuat barang-barang kerajinan terdapat dan tersebar diseluruh Kabupaten di Bali. Salah satunya adalah Kabupaten Klungkung yang konon merupakan daerah pusat kerajaan dari seluruh kerajaan yang ada di Bali, serta dikabarkan sebagai tempat mengungsinya para Brahmana Hindu, seniman dan perajin Majapahit ke Bali, ketika Kerajaan Majapahit ditundukan oleh Kerajaan Demak Islam pada tahun 1515 (Ten Kate, 2004:080). Para seniman, perajin, Brahmana Hindu Jawa inilah gerangan membawa keemasan kerajaan Gelgel pada abad ke-17, dengan kemegahan istana yang dihias luar biasa. Bukti faktual yang masih utuh dapat dilihat sampai saat ini adalah “kertagosa” berupa sebuah  puri kerajaan yang penuh dihiasi dengan karya-karya seniman dan perajin. Oleh sebab itu daerah Klungkung dikatakan sebagai pusat seniman, perajin, serta berkembangnya kesenian pertama di Bali.

Kekayaan dan potensi sumber daya alam yang dimiliki  Kabupaten Klungkung, serta didukung oleh sebagian masyarakatnya yang berkecimpung dibidang pariwisata menjadikan daerah Klungkung semakin dikenal di dunia luar. Kekayaan dan potensi yang tersebar di berbagai sentra industri kerajinan  dapat dijadikan andalan yang signifikan untuk menunjang perekonomian masyarakatnya. Industri kreatif yang digalakkan Presiden Susilo Bambang Yudoyono pertengahan 2007 di Jakarta Convention Center (JCC) bukanlah sesuatu yang baru di kalangan masyarakat Klungkung. Hal ini dapat dilihat dari pemanfaatan bahan dan inisiatif para perajin untuk membuat barang kerajinan dengan menggunakan bahan yang “mungkin” dianggapnya sebagai bahan limbah. Selain itu para perajin juga sudah dan terus  meredesain bentuk-bentuk kerajinan kreatif dan inovatif.

Berdasarkan survei awal ada beberapa sentral kerajinan dalam keberlanjutannya sangat memprihatinkan dan dapat diasumsikan terputus generasi. Keprihatinan tetap menyelubungi kehidupan seni kerajinan yang memerlukan keuletan yang  penuh rutinitas. Keragaman maupun variasi bentuk, material, dan fungsi ganda yang melekat pada kerajinan  merupakan kekayan atau aset daerah yang perlu mendapat perhatian dan perlindungan. Upaya pelestarian lewat pemetaan adalah solusi yang tepat  untuk mengetahui kualitas maupun kuantitas kerajinan yang tersebar khususnya di daerah/kabupaten Klungkung.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat dipakai sebagai format atau bingkai untuk mengetahui lebih detail dan  mendalam tentang macam dan jenis kerajinan, sistem dan teknik kerja yang diterapkan, serta adakah yang mendominasi jenis kerajinan tertentu  pada daerah kecamatan di Kabupaten Klungkung. Hal ini sangat perlu dilakukan penelitian dan pemetaan dengan pendekatan suvei.

Makalah Macam Dan Jenis Seni Kerajinan Di Kabupaten Klungkung Bali selengkapnya:

Comments are closed.