Mahasiswa Asing Mulai Enggan Meneliti di Indonesia

Mahasiswa Asing Mulai Enggan Meneliti di Indonesia

YOGYAKARTA: Minat mahasiswa atau peneliti asing untuk melakukan penelitian di Indonesia menurun. Proses pemberian izin yang berbelit-belit menjadi pemicu utamanya. Birokrasi di negara ini lebih mengedepankan kecurigaan politik daripada kepercayaan akademik.
"Minat mahasiswa khususnya sarjana bidang ilmu sosial humaniora dari seluruh perguruan tinggi di dunia menurun karena birokrasinya yang rumit. Beberapa pusat kajian yang sebelumnya menfokuskan diri apda Indonesia telah tutup dan diubah ruang lingkupnya ke wilayah yang lebih luas," kata Kata Guru Besar Jurusan Sejarah UGM Bambang Purwanto, Rabu (22/9).
Dalam Sosialisasi Prosedur Pemberian Izin Kegiatan Penelitian bagi Perguruan Tinggi Asing, Lembaga Litbang Asing, Badan Usaha Asing, dan Orang Asing di Indonesia di Ruang Multimedia UGM tersebut, terungkap bahwa proses perizinan yang ada tidak mempunyai standardisasi dan memakan waktu yang lama.
Yang patut disayangkan juga, tidak ada ketentuan jelas yang membedakan antara penelitian yang dilakukan berdasarkan nota kesepahaman antarperguruan tinggi atau penelitian bersama dalam kerja sama serta antarpeneliti pribadi dengan penelitian lepas yang merupakan proyek pribadi seorang peneliti, baik sebagai bagian untuk mendapatkan gelar atau tidak.
"Kami berharap pemberian izin penelitian seharusnya dilakukan sebagai bagian dari diplomasi kebudayaan untuk mempromosikan Indonesia," jelasnya. Kerja sama penelitian resmi berdasarkan nota kesepahaman yang memberi manfaat langsung pengembangan sumber daya manusia di Indonesia harus diprioritaskan.
Kasubdit Fasilitasi Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Kesbangpol Depdagri Bejo Santosa mengatakan, banyak peneliti asing yang melakukan kegiatan penelitian di luar izin yang diberikan pemerintah.
"Tidak semua peneliti asing yang akan melakukan penelitiannya di Indonesia memproses izinnya melalui Kementerian Negara Riset dan Teknologi, sehingga banyak peneliti asing yang tidak terdata dengan baik," ungkapnya. (SO/OL-5)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com

Comments are closed.