Mahasiswa Asing “Ngayah” Di Pura Puncak Penulisan

Mahasiswa Asing “Ngayah” Di Pura Puncak Penulisan

Geliat Institut Seni Indonesia Denpasar dalam melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi tidak pernah padam sedikitpun. Di sela-sela pelaksanaan perkuliahan, seminar dan workshop internasional, civitas akademika kampus seni ini  ngaturang ayah di Pura Puncak Penulisan, pada hari Kamis 28 Oktober 2010 yang lalu. Rombongan yang terdiri dari dosen, mahasiswa asing Program Darmasiswa, mahasiswa  Fakultas Seni Pertunjukan jurusan Karawitan, Tari dan pedalangan, serta pegawai ISI Denpasar ini disambut hangat dan ramah oleh masyarakat.

Persembahan ISI Denpasar pada acara “ngayah” kali ini sangatlah istimewa dengan pementasan tarian Legong yang ditampilkan dengan begitu indahnya oleh Mariko Inui, Chino Sakai, dan Tashiro Chie, serta tari Margepati yang ditarikan dengan lincah oleh Chiaki Watanabe, asal Jepang. Saat ini, ISI memiliki 41 mahasiswa asing (dari 21 Negara), 37 dibiayai oleh Program Darmasiswa RI, dan 4 orang dengan biaya sendiri. Program ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk memperkenalkan Bahasa, Seni dan Budaya Bangsa Indonesia di dunia Internasional. Program ini telah dirintis mulai tahun 1974, dimana telah tercatat 2.421 orang peserta dari 85 negara di dunia.

ISI Denpasar yang saat ini tengah memfasilitasi Program Darmasiswa RI selalu berupaya meningkatkan program-program yang bermanfaat, dimana salah satunya dengan melaksanakan suatu kegiatan berupa pengabdian masyarakat, dengan terjun langsung serta berpartisipasi pada upacara keagaamaan di berbagai pura di Bali, dengan mempersembahkan tari-tarian yang telah mereka pelajari.

Rektor ISI Denpasar, Prof.Dr. I Wayan Rai S.,M.A. didampingi koordinator mahasiswa asing, Ni Komang Artini, S.S., mengatakan bahwa pihaknya sangat bangga dengan keberhasilan mahasiswa asing tersebut serta keberhasilan para dosen dalam membimbing mereka, sehingga kemampuan mereka juga dapat dinikmati oleh masyarakat. “Semua dosen hendaknya terus mengasah diri untuk meningkatkan kualitas diri dalam mengajar mahasiswa asing, sehingga citra ISI Denpasar di tingkat internasional semakin baik dan signifikan,”ujar Prof. Rai berharap.

Humas ISI Denpasar Melaporkan

Comments are closed.