Mahasiswa Baru ISI Denpasar Meningkat 29 Persen

Mahasiswa Baru ISI Denpasar Meningkat 29 Persen

Denpasar- Setelah mahasiswa baru ISI Denpasar mengikuti kegiatan Pengenalan Kegiatan Akademik dan Kemahasisaan bagi  Mahasiswa Baru selama 4 hari dari tanggal 24-27 Agustus 2010,  pada tanggal 30 Agustus 2010 bertempat di Gedung Nayta Mandala, mahasiswa baru ISI Denpasar diterima secara resmi dalam upacara akademik pada Sidang Senat Terbuka Dalam Rangka Pengesahan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2010/2011. Dalam upacara tersebut mahasiswa baru akan mengucapkan janji atas kewajiban sebagai mahasiswa ISI Denpasar yang ditetapkan dalam Peraturan Mendiknas. Pernyataan janji diucapkan dihadapan orang tua/wali dan anggota Senat ISI Denpasar, selanjutnya para mahasiswa baru dan orang tua/wali menandatangani Surat Penyataan atas janji yang telah diucapkan.

Sebelum proses pembelajaran mahasiswa baru yang dimulai pada awal 7 September 2010, mereka mendapat pembekalan dengan materi kegiatan mengacu pada pedoman Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) disampaikan melalui berbagai ceramah yaitu  : Paradigma Pendidikan Tinggi Seni; Sistem Pendidikan Nasional; Kewirausahaan; Pemikiran Kritis Mahasiswa (PKM); Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas; Sistem Akademik dan Kemahasiswaan di tingkat institut dan fakultas; Polbangmawa; HAKI; Etika Bergaulan; Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa dan Gaya Kepemimpinan. Penceramah adalah pimpinan institut dan fakultas, dosen yang memiliki kompetensi bidang kemahasiswaan, serta  penceramah dari Karo Binamitra Polda Bali dan dosen dari IHDN.

Menurut Ketua Panitia sekaligus Pembantu Rektor III ISI Denpasar Drs. I Made Subrata, MSi jumlah calon mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan adalah 276 orang, terdiri atas Fakultas Seni Pertunjukan sebanyak 97 orang dan Fakultas Seni Rupa dan Desain sebanyak 179 orang. Dibandingkan penerimaan calon mahasiswa baru tahun akademik 2009/2010 terdapat peningkatan  jumlah calon mahasiswa yang mendaftar sebesar 29 %.   Dalam laporannya Drs. I Made Subrata, M.Si  menyatakan bahwa selaku ketua, pengenalan kegiatan
akademik dan kemahasiswaan yang berlangsung selama 4 hari berjalan dengan
lanjar. Kegiatan pengenalan kampus diadakan tanpa perpeloncoan, semua kegiatan diadakan dalam ruangan dengan pengawasan ketat oleh panitia.

Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama, Drs. I Gusti Bagus Priatmaka,M.M., menyatakan bahwa Penerimaan calon mahasiswa baru di lingkungan Institut Seni Indonesia Denpasar tahun akademik 2010/2011 diselenggarakan dengan 3 jalur : (1) reguler, (2) program Penyelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) dan  (3) program BIDIK MISI  (Beasiswa Pendidikan bagi Calon Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga Kurang Mampu). ISI Denpasar salah satu diantaranya diberi kepercayaaan untuk menyelenggarakan program Beasiswa BIDIK MISI bagi calon mahasiswa baru mulai tahun 2010 sebanyak 48 (empat puluh delapan) orang. Sararannya lulusan jenjang pendidikan menengah yang terdiri atas lulusan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat tahun 2010 yang berprestasi dan orang tua/wali-nya kurang mampu secara ekonomi.
Sementara Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A. menyambut gembira dan mengucapkan selamat datang bagi calon-calon mahasiswa Baru. Dalam sambutannya menyatakan sangat bangga atas mahasiswa baru
yang merupakan mahasiswa pilihan melalui seleksi yang sangat ketat dan
mengucapkan terimakasih kepada orang tua/wali yang telah memberi
kepercayaan untuk kuliah di ISI Denpasar. Memang untuk acara pengenalan akademik dan kemahasiswaan tahun ini dititik beratkan kepada apa yang telah digariskan oleh DIKTI yaitu Pengembangan Pendidikan Nasional lewat Renstra Pendidikan Nasional yang bertemakan “Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif”. Implementasi dari semua ini dapat dilihat dalam acara pengenalan akademik ini dimana unsur-unsurnya dapat dilihat dari Olah Kalbu (Ketuhanan), Olah Pikir(kecerdasan intelektual), Olah Rasa(pergaulan & etika) dan Olah Raga (kesegaran Jasmani). Sebagai bentuk motivasi kepada mahasiswa baru,
Rektor ISI Denpasar memperkenalkan mahasiswa lama yang
berprestasi tingkat nasional seperti pemenang Fotografi, Peraih mendali
emas dan perak di Peksiminas dan Pimnas, Kegiatan BEM ke Turki, Program transfer kredit MIT (Malaysia-Indonesia-Thailand), dimana dua mahasiswa ISI Denpasar sedang mengikuti kuliah di Tamasat University-Thailand selama 6 bulan.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Comments are closed.