Mahasiswa FSRD mengikuti Promosi Seni Budaya di Belanda

Mahasiswa FSRD mengikuti Promosi Seni Budaya di Belanda

Kiriman Hery Budiyana, Staf FSRD ISI Denpasar

Kegiatan Promosi Seni Budaya di Belanda yang diadakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Den Haag, Belanda merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mempererat hubungan seniman muda Indonesia dan Belanda dengan membina dan memperkenalkan hasil karya seniman muda berbakat Indonesia kepada masyarakat Belanda, adapun kegiatan tersebut melingkupi: pameran di pasar malam, melukis dibawah bimbingan 2 pelukis Belanda, bertemu dan berdiskusi dengan seniman Belanda, mengikuti kursus/kuliah seni, mengunjungi galeri/museum seni di Belanda, mengajar di sekolah Indonesia-Belanda, serta mengadakan pameran.

Setelah menyelesaikan Promosi Seni Budaya di Belanda yang berlangsung dari tanggal 29 maret hingga tanggal 6 juni 2011 di Negara Belanda, salah satu mahasiswa yang terpilih untuk mewakili kegiatan ini adalah Dewa Ayu Eka Savitri Sastrawan yang merupakan mahasiswa Seni Rupa Murni minat Lukis, kembali ke kampus ISI Denpasar dengan diterima oleh Dekan Fakultas Seni Rupa dan Design dan Pembantu Dekan I, II, dan III. Dalam kesempatan ini Savitri begitu biasanya ia disapa menceritakan pengalamannya selama di Belanda dan menjelaskan usaha-usaha yang telah ia lakukan untuk mempromosikan budaya dengan mengikuti keseluruhan kegiatan itu,  Selama disini saya akhirnya memutuskan untuk terjun ke simbolisme, spiritualitas dan tradisi di dalam bentuk abstrak. Abstrak sendiri disini tidak berarti memusingkan penikmatnya namun dengan membentur elemen serta subjek tertentu maka sesuatu akan ditemukan dan kadang tidak disadarkan bahwa itu lebih membuka mata kita akan realitas. Kemudian dalam kolaborasinya dengan dua seniman di Belanda Savitri telah bereksperimen dengan cara yang berbeda-beda dalam mengekspresikan karya-karyanya, dia berusaha memadukan elemen-elemen dan cerita Wayang Kamasan Bali yang memiliki makna yang simbolik terutama dari karakter yang merepresentasikan karakter manusia sendiri yang kadang tak pernah kita ketahui. Dan hal Inilah yang menjadi inspirasi utamanya selama berkarya di residensi ini.

Ibu Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain pun menyampaikan kegembiraannya karena Savitri telah menuntaskan program ini dengan baik serta berharap kedepannya untuk membagi pengalaman-pengalaman berharga yang didapat selama disana kepada teman-teman di jurusannya. Tak lupa juga beliau menambahkan untuk selalu menjaga nama baik institusi dimanapun berada.

Comments are closed.