Malaysia Tawarkan Pendidikan Magister dan Doktor, Pihak Kedubes Kunjungi ISI Denpasar

Malaysia Tawarkan Pendidikan Magister dan Doktor, Pihak Kedubes Kunjungi ISI Denpasar

Mohd Mubarak Bin Shamsuddin selaku Atase Pendidikan Education Malaysia Indonesia yang bermarkas di Kedutaan Besar Malaysia, Jakarta, mengunjungi kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Senin (16/4). Kedatangannya bertujuan untuk menawarkan pendidikan lanjutan jenjang magister (S2) dan Doktor (S3) kepada mahasiswa ISI Denpasar di perguruan tinggi (PT) yang ada di Negeri Jiran (julukan Malaysia-red). 

Ia berharap pihak ISI Denpasar merespon tawaranya, mengingat selama ini antara ISI Denpasar dengan sejumlah PT di negaranya terjalin dengan baik. Di samping itu, pihaknya akan memfasilitasi mahasiswa yang ingin melanjutkan ke Malaysia sehingga biaya pendidikan lebih terjangkau.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama ISI Denpasar didampingi Humas I Gde Eko Jaya Utama, SE., MM., menjelaskan, pada prinsipnya, Mohd Mubarak menyampaikan beberapa program studi (prodi) di Malaysia telah memiliki kerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) RI, yang siap menerima studi lanjutan pasacasarjana. “Prodi-prodi yang ditawarkan adalah prodi yang sudah ada kerja sama dengan kedua pihak,” sebut Garwa.

Garwa juga membenarkan, bahwa tamunya akan membantu regulasi dan proses pendaftaran mahasiswa dengan sejumlah perguruan tinggi yang mengelola prodi yang sama seperti di UITM, Universitas Sultas Idris dan lainnya sehingga memperingan komposisi biaya bagi mahasiswa asal Indonesia. 

ISI Denpasar, kata Garwa, melalui program AIMS telah rutin mengirim mahasiswanya ke Malaysia, dan program itu akan terus ditingkatkan ke depan. Terlebih jika pihak ISI Denpasar merespon tawaran ini, akan memperlancar program yang sudah berjalan.  “Jika kami dapat merespon program ini, Beliau akan sangat senang dan membantu regulasinya,” imbuh Garwa.

Untuk mensosialisikan tawaran dari Malaysia tersebut, pihaknya di bagian kerja sama telah menyebar sejumlah brosur kepada di lingkungan kampus. Sehingga mahasiswa yang berminat mengetahui persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi. Lebih lanjut, dia mengaku, kerja sama memang terus digenjot baik tingkat regional, nasional dan internasional sebagai jalan untuk mencapai visi lembaga. Untuk diketehui, peserta didik ISI Denpasar belum lama ini sukses menorehkan prestasi bergengsi di Malaysia.

Comments are closed.