Memperluas Wawasan Seni Lewat Studi Ekskursi FSP ISI Denpasar ke Lombok NTB

Memperluas Wawasan Seni Lewat Studi Ekskursi FSP ISI Denpasar ke Lombok NTB

Kiriman: Nyoman Lia Susanthi, S.S., M.A. (Dosen Jurusan Pedalangan FSP ISI Denpasar).

Lombok- Guna memperluas wawasan seni serta menjalin sinergi dengan lembaga dan pemerintah dalam bidang kesenian, maka setiap tahunnya Fakultas Seni Pertunjukan menggelar kegiatan studi ekskursi. Kegiatan ini juga sebagai salah satu tindak lanjut dari program kemahasiswaan ISI Denpasar serta realisasi program kerja Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar 2012, bidang kemahasiswaan.

Dekan FSP, I Ketut Garwa, SSn.,M.Sn. didampingi para Pembantu Dekan FSP menyampaikan bahwa pada tahun ini FSP ISI Denpasar yang terdiri dari 3 jurusan mengadakan kegiatan studi ekskursi ke Lombok – Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 2 hingga 4 Nopember  2012 memfokuskan kegiatan di Taman Budaya Nusa Tenggara Barat.  Adapun peserta studi ekskursi  adalah mahasiswa  Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar yang duduk di semester VII sebagai prasyarat untuk mengikuti ujian Tugas Akhir dan disertai dosen pembimbing serta panita. Seluruh peserta berjumlah 72 orang, yang terdiri dari dosen pembimbing dan panitia sejumlah 25 orang dan mahasiswa sejumlah 47 orang dengan rincian, mahasiswa Jurusan Seni Tari sebanyak 27 orang, Jurusan Seni Karawitan berjumlah 15 dan mahasiswa  Jurusan Seni Pedalangan berjumlah 5 orang.

Pembantu Dekan III FSP ISI Denpasar yang sekaligus sebagai Ketua Pelaksana, Dr. Ni Luh Sustiawati, M.Pd mengungkapkan bahwa dalam kegiatan ini berisi dua agenda kegiatan inti yaitu workshop dan pentas seni. Kegiatan workshop berlangsung tanggal 3 November 2012, bermaksud untuk mempelajari kesenian daerah setempat. Workshop terbagi dalam 3 materi berbeda yaitu mahasiswa jurusan tari mendapatkan materi tari Oncer yang diberikan oleh Haji Ramiun, S.Pd, mahasiswa jurusan karawitan diberikan meteri tentang kendang Belik sebagai iringan tari Oncer  dengan instruktur Ida Wayan Asta, S.Ag.,M.Ag dan mahasiswa jurusan pedalangan mendapatkan materi tentang wayang Sasak oleh instruktur Sadarudin, S.Pd.

Pada malam harinya diadakan pentas seni yang merupakan hasil workshop. Selain itu dalam pentas seni juga ditampilkan pementasan kesenian Bali yang dibawakan mahasiswa peserta studi ekskursi Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar. Materi pentas seni yaitu Kendang Belik, Tari Oncer, Tari Selat Segara, Kebyar Terompong, Satya Brastha serta Bondres yang dipadukan dengan Wayang Sasak.

Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A., yang memberikan sambutan dan sekaligus menutup kegiatan studi ekskursi menyampaikan rasa bangga dan terimakasih kepada semua pihak yang sudah bekerja keras untuk mewujudkan kegiatan ini.  “Kegiatan ini tidak semata-mata untuk berdarmawisata, melainkan juga dapat menambah ilmu, mengkaji serta mengkasilkan karya-karya seni pertunjukan yang inovatif” ungkap Prof. Rai.

Comments are closed.