Menciptakan Pesan Budaya Melalui Video Klip Musik Bali

Menciptakan Pesan Budaya Melalui Video Klip Musik Bali

Konsep Penciptaan

Oleh: Drs. I Nengah Sudika Negara

Dibiayai Dari Dana Dipa Isi Denpasar NO:0230.0/023-404.2/XX/2009 TGL: 6 JUNI 2009

1. ESTETIKA

Menikmati keindahan merupakan sebuah proses dalam jiwa dan budi manusia yang menyangkut fsiologis, biologis, fsikologis dan spiritual. Dalam teknologi, pendidikan merupakan upaya-upaya penting dalam merancang karya audio visual memenuhi unsure-unsur estetika yang diaplikasikan dalam bentuk video klip. Secara fsikologis rentetan peristiwa dalam proses menikmati keindahan dibagi dalam beberapa bagian:

  1. Sensasi adalah rangsangan ekternal ditangkap mata dan telinga dalam alat penerimaan yang menimbulkan getaran.
  2. Persepsi merupakan tahap dimana sensasi telah terkesan sehingga dapat menggerakan proses asosiasi-asosiasi dan dapat melakukan komparasi (membandingkan), diperensiasi (membedakan), analogi (persamaan) dan sintesis (penyimpulan)
  3. Impresi merupakan tahap dimana kesan telah menjadi keyakinan yang sewaktu-waktu dapat diingat kembali.
  4. Emosi tidak hanya menyangkut perasaan marah, kecewa, panic, jengkel, kesal yang tidak terkendali namun juga perasaan gembira dan antusias.
  5. Interpretasi menyangkut aktivitas daya pikir akibat impresi masuk kedalam wilayah kesadaran.
  6. Apresiasi merenungkan pengertian atau apa yang di interpretasikan, menimbang dengan fakta-fakta lain, mempertimbangkan kebenaran sampai dimana maknanya adalah fungsi intelek berganda yang dirumuskan dengan kata apresiasi.
  7. Evaluasi adalah renungan dan rumusan yang disampaikan kepada orang lain baik secara lisan maupun tertulis.

Seorang desiner selalu ingin menampilkan karyanya secara khas dengan pendekatan-pendekatan estetis. Unsur fungsi saja masih terasa kurang jika tidak ada unsur estetika. Desainer harus selalu memperhatikan elemen-elemen grafis dan prinsip-prinsip desain seperti menyangkut komposisi yang merupakan satu kesatuan yang menarik dan indah dilihat, tidak berlebihan dan memberi kesan. Yang dikomposisikan adalah elemen-elemen desain yang mengikuti kaidah-kaidah tertentu dan terarah.,

Menciptakan Pesan Budaya Melalui Video Klip Musik Bali Selengkapnya

Comments are closed.