Mendiknas: Diperlukan Reformasi Pendidikan!

May 21, 2010 | Berita

JAKARTA – Tidak hanya reformasi birokrasi, reformasi pendidikan nasional sangat diperlukan untuk memajukan pendidikan bangsa.
Demikian disampaikan Menteri Pendidikan Nasional M Nuh dalam Kongres Guru Indonesia (KGI) 2010 di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (20/5/2010).
“Tujuan reformasi pendidikan adalah untuk menciptakan pendidikan berkualitas, merata, dan terjangkau,” jelas M Nuh.
Reformasi pendidikan terang M Nuh, meliputi empat bidang, yaitu reformasi birokrasi, pemuliaan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan, serta reformasi sistem pembelajaran.
Reformasi birokrasi mencakup penataan organisasi dan tata laksana, penguatan sumber daya manusia (SDM) dan budaya kerja, serta pemanfaatan teknologi.
Pemuliaan PTK meliputi peningkatan profesionalisme guru dalam kualifikasi dan sertifikasi guru hingga minimal S1, serta peningkatan kesejaheraan guru.
Sementara, reformasi sistem pembelajaran dilakukan dalam bidang isi, metodologi, dan evaluasi hasil pembelajaran. “Agar bangsa Indonesia maju, kita harus sehat dan pintar dalam semua dimensi kemanusiaan,” imbuh M Nuh.
KGI 2010 ini diikuti sekira seribu guru dari seluruh Indonesia dan akan berlangsung hingga besok Jumat 21 Mei. (rhs)

Rifa Nadia Nurfuadah – Okezone

Sumber: http://kampus.okezone.com/read/2010/05/20/373/334522/mendiknas-diperlukan-reformasi-pendidikan

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...