Mewujudkan Visi Center of Excellent ISI Denpasar Perkuat Program Kegiatan Kemahasiswaan

Mewujudkan Visi Center of Excellent ISI Denpasar Perkuat Program Kegiatan Kemahasiswaan

Pembantu Rektor III ISI Denpasar, Drs. I Wayan Gulendra, M.Si

Pembantu Rektor III ISI Denpasar, Drs. I Wayan Gulendra, M.Si

Kiriman: Nyoman Dewi Pebryani,ST.,M.A. (Dosen Desain Fashion ISI Denpasar).

Foto: I Made Rai Kariasa, S.Sos.

Kegiatan pertama berkaitan dengan kemahasiswaan yang dilakukan oleh Insitut Seni Indonesia (ISI) Denpasar di awal tahun 2014 adalah pelantikan Sema (Senat Mahasiswa) dan pengurus UKM (Unit Kegiatan Manusia).

“Sebagai upaya untuk mewujudkan Visi dan Misi ISI Denpasar sebagai “Pusat Unggulan Seni Budaya (Center of Excellent) Berbasis Budaya Lokal Berwawasan Universal”,  maka pengembangan kemahasiswaan harus dilakukan dengan penuh kesadaran, berencana, teratur, terarah, berkesinambungan dan bertanggungjawab sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi sumber daya yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,  dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab”, ungkap Pembantu Rektor III, Drs. I Wayan Gulendra, M.Si yang ditemui dalam kesempatan terpisah.

Adapun di tahun 2014 bidang kemahasiswaan yang dikomandani oleh PR III ISI Denpasar telah menyiapkan berbagai sasaran kerja, diantaranya organisasi mahasiswa intra kampus yang telah berjalan serta memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa melakukan kegiatan kreatif seperti; PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Pegabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI),  PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). Peningkatan prestasi mahasiswa dalam mengembangkan berbagai kompetensi mahasiswa, cerdas spiritual, cerdas emosional, cerdas intelektual dan cerdas sosial yang ditekankan pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tahun ini dengan mengusung tema yaitu “Mahasiswa Indonesia Cerdas dan Kompetitif”.

Program pers kampus saat ini juga menjadi bagian dari program kerja yang akan dilaksanakan oleh bidang kemahasiswaan sebagai pembinaan kemahasiswaan dibidang kompetensi jurnalistik, untuk mengembangkan pola pikir kritis dalam menuangkan gagasan-gagasan kreatif secara verbal melalui media pers berkaitan dengan kebutuhan publik dalam mengembangkan wawasan apresiasi dibidang seni dan budaya.

Penerimaan mahasiswa baru sebagai bagian dari kegiatan tahunan akan dilanjutkan dengan pelaksanaan LKMM (Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa) yang merupakan kegiatan untuk mengembangkan kepribadian, pengetahuan, keterampilan dan pengembangan sikap akademik yang beretika sosial, cerdas dan tanggap terhadap berbagai persoalan dalam masyarakat. Keseluruhan kegiatan ini merupakan sebuah upaya dalam pemberian bekal kepada mahasiswa agar siap dalam bersosialisasi dengan masyarakat.

Comments are closed.