Motif-Motif Kendang Gupekan Nunggal

Apr 11, 2011 | Artikel, Berita

Kiriman Tri Haryanto, SKar., MS.i. Dosen PS. Seni Karawitan ISI Denpasar.

Setelah melakukan pelatihan ada beberapa kata kunci yang dapat diungkapkan dalam penguasaan kendang Gupekan Nunggal oleh Gung Aji Mangku Dalem. Secara basix yang dikuasai adalah style kendang Gupekan Nunggal gaya Batubulan. Kekayaan motif-motif kendang gupekan diolah dan dimodifikasi serta ditranspormasikan menjadi bentuk dan motif-motif yang sangat menarik dan terstruktur sesuai dengan warnanya tersendiri. Namun dalam pelatihan ini, Gung Aji Mangku Dalem juga memberikan disamping dasar-dasar juga pengembangan-pengembangan atau improfisasi, sebagai latihan pengembangan per motif kekendangan.

Sebagai dasar pemula dalam kendang Gupekan Nunggal, menurut sumber diungkapkan bahwa memainkan kendang Gupekan Nunggal harus memakai aturan dan pupuh sesuai dengan instrumen yang mengikutinya. Jatuhnya pukulan kemong, gong serta jegogan harus diikuti oleh pupuh kakendangan yang berbeda pula. Disamping itu jatuhnya bebaton kakendangannya harus imbal dengan pukulan kajar. Jenis-jenis pukulan tersebut bisa menghindari kesan monoton dan juga pukulan imbal dapat memperkaya teknik dan kesan ritmik.

Beberapa motif yang dapat dicatat dalam pelatihan ini antara lain:

Motif-Motif Kendang Gupekan Nunggal selengkapnya

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...