MOU Dengan Alliance Francaise Segera Tandatangani

MOU Dengan Alliance Francaise Segera Tandatangani

Kiriman Ni Ketut Dewi Yulianti, SS., M.Hum., Staf Dosen PS. Seni Karawitan.

Bertempat di Ruang Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Jumat (27/4) lalu, Rektor ISI Denpasar didampingi Dekan kedua fakultas kembali menerima kunjungan dari Alliance Francaise atau Lembaga Indonesia Perancis yang terdiri dari Ketua Yayasan Dewa Putra Diasa dan Direktris Virginie Vial Isnard serta Nicolas Moreau, Direktur Kursus Instiutut Francais Indonesia Jakarta. Kunjungan ini merupakan pembahasan lanjutan kunjungan tanggal 9/4, yang membahas tentang peningkatkan hubungan antara Indonesia dan Perancis dalam seni dan budaya salah satunya dengan menawarkan workshop dan seminar mengenai komik dari artist Perancis yang akan diadakan pada tanggal 5/5.

Adapun acara pada tanggal 5 Mei nanti, akan diawali dengan penandatanganan nota kesepakatan ( MoU), dan dilanjutkan dengan workshop komik dengan tema “Nature and City”, serta seminar bertajuk “Technique of Work for Comics Artists” yang akan menghadirkan artist Perancis bernama Joel Alessandra, seorang seniman komik Perancis yang menguasai ilustrasi dan karikatur. Workshop dan seminar ini akan dihadiri oleh mahasiswa dan dosen ISI Denpasar dan akan berlangsung selama 7 jam. Hal yang sangat menarik disampaikan oleh Nicolas Moreau selain“art collaboration” adalah pembukaan kursus bahasa Prancis bagi mahasiswa dan dosen ISI Denpasar sebagai wujud promosi bahasa dan budaya, yang disambut positif oleh Rektor ISI, Prof.Dr. I wayan Rai S.,M.A.

“ISI Denpasar tidak bias membuat seseorang menjadi artist, tapi hanya membantu membangun dan mengembangkan talenta yang telah dimiliki dengan proses belajar yang baik, serta mengambil setiap peluang demi kemajuan bersama. Upaya-upaya seperti menjalin kerjasama dalam bidang akademis terus kami lakukan. Dan kami sangat berterima kasih, pihak Alliance Francais dan Institut Francais Indonesia datang untuk menjalin kerjasama dalam bidang seni budaya, dan sudah sepantasnya kita menggunakan kesempatan ini untuk terus belajar dan mengembangkan diri, demi citra ISI Denpasar yang semakin baik di tingkat internasional,”papar Prof. Rai.

Saat kunjungan tersebut, rombongan juga menyaksikan proses belajar-mengajar termasuk latihan “megamel” yang sedang berlangsung di depan gedung Lata Mahosadi. “Kami sangat senang mendapat sambutan yang sangat positif dari ISI Denpasar. Kami yakin acara tanggal 5 Mei nanti akan sukses dan bermanfaat bagi pihak Alliance Francais dan ISI Denpasar,”ujar Virginie kepada Humas ISI Denpasar seusai pertemuan. Hal ini sudah pasti akan memberi hasil positif bagi ISI Denpasar untuk menjadi semakin excellent dan smart.

Comments are closed.