MoU Dengan Ochanomizu University Segera Ditandatangani

MoU Dengan Ochanomizu University Segera Ditandatangani

Kiriman Dewi Pebriyani, Dosen PS Desain Interior

Perwakilan dari Ochanomizu University, Nakamura Minako, hadir mengunjungi kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar untuk kedua kalinya pada hari senin (10/9). Dalam kunjungannya kali ini beliau yang didampingi oleh seorang penerjemah bernama Kaoru Kanayana untuk melanjutkan pembicaraan yang lebih serius mengenai hubungan kerjasama antara kedua institusi, dalam kesempatan ini Minako mengundang kampus ISI Denpasar segera menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di Tokyo. Bagai gayung bersambut, Rektor ISI Denpasar yang didampingi oleh Pembantu Rektor II dan Pembantu Rektor IV ISI Denpasar menyatakan kesanggupannya untuk segera mengunjungi  Ochanomizu University.

Seperti diketahui dalam waktu dekat ini Prof Rai akan bertolak menuju Tokyo untuk menghadiri undangan sebagai pembicara dalam Acara Seminar Universitas SeAsia yang bertempat di kampus Tokyo University of the Arts atau Tokyo Geijutsu daigaku, “Saya akan menyediakan waktu khusus untuk mengunjungi Ochanomizu University, selagi saya berada di Tokyo”, ungkap Prof Rai. Minako mengungkapkan sangat gembira bila Prof Rai bisa mengunjungi kampus Ochanomizu dan sekaligus menlakukan penendatanganan MoU.

Ochanomizu merupakan kampus yang cukup terkenal di Tokyo, Minako mengungkapkan tahap pertama akan menjalani kerjasama dengan bidang kesenian, khususnya seni pertunjukan berupa tari, karawitan, maupun pedalangan. Kemudian tahap selanjutnya tidak saja terbatas dalam seni pertunjukan, tetapi juga pada bidang seni rupa dan desain.  Prof Rai  sangat terbuka dengan gagasan yang dilemparkan oleh pihak Ochanomizu University, terlebih pihak Ochanomizu telah merancang draft mengenai pertukaran pelajar antara dua kampus yang saling menguntungkan. “Luar biasa, belum penandatangan MoU, namun sudah mempersiapkan dengan matang implementasi dari MoU tersebut, hal ini menunjukkan betapa besar keinginan mereka untuk bekerjasama dengan kampus ISI Denpasar”, ungkap Prof Rai.

Hubungan kerjasama yang sedang dijajaki dengan Ochanomizu University akan menambah deretan perguruan tinggi di Jepang yang telah terhubung dengan ISI Denpasar, diantaranya Okinawa University, Kanda University dan sebentar lagi dengan Ochanomizu, hal ini semakin menguatkan tujuan ISI Denpasar menjadi World Class University. “Tentu saja bukan hal yang mudah untuk mendapatkan kepercayaan seperti ini, selanjutnya adalah bagaimana menjaga kepercayaan itu agar hubungan kerjasama antara kedua belah pihak terus berjalan dengan baik”, tutup Prof Rai.

Comments are closed.