Ngayah Di Pura Besakih

Ngayah Di Pura Besakih

Kiriman Ni Ketut Dewi Yulianti, Staf Dosen PS. Seni Karawitan.

Setelah ngaturang ayah di Pura Batur pada 12/4, pada hari Sabtu (14/4), Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar  ngaturang ayah  di Pura Besakih. Rombongan kampus seni ini mempersembahkan tari Rejang Dewa, Baris Gede, Wayang, serta Tari Topeng. Sungguh “ayah-ayahan” religious yang penuh nilai estetika dan entertainment.

Rektor ISI Denpasar, yang ikut dalam rombongan, mengaku sangat bangga dengan semangat para dosen, pegawai, maupun mahasiswa untuk ngaturang ayah. “Suksma ring Hyang Widhi, kita semua diberi kesehatan untuk ngaturang ayah dan juga terima kasih kepada panitia karya yang telah memberi kesempatan kepada kita untuk “ngaturang ayah” serta bersama-sama memohon keselamatan dan kesuksesan kita bersama”, ujar Prof.Rai didampingi I Wayan Suweca, PR IV ISI Depasar.

Kegiatan ngayah merupakan salah satu bentuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi,yang selalu dilaksanakan oleh kampus ISI Denpasar. Kegiatan yang melibatkan mahasiswa,pegawai dan dosen Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) yang dikomandani oleh Dekan I Ketut Garwa, S.Sn.,M.Sn. ini tiba di Pura Besakih sekitar pukul 8 pagi. Sebelum melaksanakan kegiatan ngayah seluruh rombongan mengadakan persembahyangan di masing-masing padarman dan terakhir di Pura Penataran Agung, dimana tari-tarian dipersembahkan.

Seperti biasa, rombongan kampus seni ini selalu mengikutsertakan penabuh wanita Asti Pertiwi yang terdiri dari penabuh wanita dari pegawai, dosen,mahasiswa, maupun alumnus. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tari Rejang Dewa, Baris Gede, Wayang,maupun Tari Topeng yang dihaturkan oleh ISI Denpasar selalu menarik perhatian pemedek. “Kami dari pihak Fakultas, sangat bangga dengan mahasiswa, pegawai maupun dosen yang selalu semangat dalam setiap kegiatan ngayah. Kami berangkat dari kampus pukul 6 pagi. Kami juga sangat berterimakasih kepada pihak panitya karya, yang selalu memberi kami kesempatan untuk ngayah di Pura Besakih ini,”papar Garwa.

PihakPanitia Karya pun sangat berterima kasih atas keterlibatan ISI Denpasar dalam kegiatan ngayah di Pura Besakih. Kiranya Ida Sang Hyang Widhi Wasa selalu memberi sinar suci bagi seluruh keluarga besar ISI Denpasar dalam menjalankan setiap aktivitas sebagai abdi negara. Semoga.

Comments are closed.