Ngayah Di Pura Desa Pedungan

Ngayah Di Pura Desa Pedungan

Kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi, kembali digelar kampus seni ISI Denpasar Rabu dan Kamis (5-6/1) di Pura Desa, Desa Pakraman Pedungan dalam rangka Karya Ngusaba Desa. Rabu malam(5/1), sekitar 50 orang mahasiswa dan dosen Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar menghibur masyarakat Pedungan dengan beberapa tarian, yaitu Tari Oleg Tamulilingan, Jauk Manis, Selat Segara,Satya Brasta, Truna Jaya, dan Legong Kuntul. Para penari dari Jurusan Tari ini menghibur masyarakat yang tampak demikian antusias menyaksikan ilen-ilen tersebut, diiringi tabuh yang dimainkan oleh mahasiswa Jurusan Karawitan. Tampak hadir dalam kegiatan ngayah tersebut, Rektor ISI beserta jajarannya.

Hari berikutnya, Kamis (6/1) siang giliran para penabuh wanita Asti Pertiwi ISI Denpasar yang hadir ngayah di pura tersebut. Rombongan wanita berseragam kebaya putih dan kain warna hijau ini, dipimpin langsung oleh koordinator Asti Pertiwi, Ni Ketut Suryatini, S.Skar.,M.Sn. Penabuh wanita yang menuai perhatian “pemedek” yang hadir di pura tersebut, memainkan beberapa gending indah, diantaranya Sinom Ladrang, Slisir Lengker, Godeg Niring, Sekar Gadung, Selat Segara, dll.

“Ini adalah bukti nyata, bahwa kampus ISI Denpasar adalah milik masyarakat. Kegiatan “ngayah” adalah kesempatan emas bagi kami  untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat. Kami sangat berterim kasih kepada pihak panitia yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk ngayah,” ujar Suryatini saat ramah tamah dengan panitya.

Bendesa Desa Pakraman Pedungan, Drs. Nyoman Sumantra menyambut baik dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada ISI Denpasar yang telah turut  berpartisipasi ngayah di pura tersebut. “Masyarakat kami sangat rindu hiburan kesenian seperti ini. Hadirnya ISI di desa kami, selain memberi nilai edukasi bagi masyarakat, mahasiswa tentunya dapat menambah pengalaman dengan terjun langsung ke masyarakat” harapnya.

Humas ISI Denpasar melaporkan.

Comments are closed.