Ngayah Gambuh di Desa Adat Pagan

Ngayah Gambuh di Desa Adat Pagan

Kiriman Ni Ketut Dewi Yulianti, Staf Dosen PS. Seni Karawitan.

Pada hari Senin (2/4) yang lalu, bertempat di Pura Desa Lan Puseh Desa Adat Pagan, Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar turut serta dalam Karya Pedudusan Agung Tawur Balik Sumpah dengan menampilkan tari gambuh yang dibawakan oleh mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) Jurusan Tari semester dua, enam, dan delapan, serta mahasiswa Jurusan Karawitan semester enam.

Puncak karya di Pura Desa Lan Puseh  diadakan pada hari Jumat (6/4) bertepatan dengan bulan purnama . Rombongan ISI Denpasar diterima oleh pengrajeng karya oleh I Wayan Subawa dan Bendesa Adat I Ketut Ketul. Kehadiran rombongan ISI Denpasar sangat dinanti-nanti oleh warga setempat, terlihat dari ramainya masyarakat yang memenuhi area pementasan tari gambuh, hal ini memberikan dorongan semangat kepada penari yang turut serta mengisi acara dalam kegiatan ini.Pihak Desa Adat Pagan mengucapkan terima kasih kepada ISI Denpasar yang telah meluangkan waktu untuk turut serta ngaturang ayah dalam karya tersebut.

Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S.,M.A. serta Dekan FSP, I Ketut Garwa, S.Sn,M.Sn., turut pula menghadiri kegiatan ngayah tersebut. ISI Denpasar aktif dalam pelaksanaan ngayah, selain sebagai penerapan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi juga memberikan pengalaman dan pengenalan kepada mahasiswa mengenai kegiatan sosial yang bisa diberikan kepada masyarakat umum. “Pengetahuan tidak hanya sebatas apa yang didapat di dalam kampus, namun juga aplikasi diluar kampus sangat dibutuhkan. Kita diberi talenta di bidang seni, sudah selayaknya kita menghaturkannya kembali kepada Tuhan berupa ngaturang ayah dengan seni” ungkap Prof Rai.

Kegiatan ngayah telah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh ISI Denpasar, sebagai wujud dari wacana bahwa ISI Denpasar adalah milik masyarakat. Kiranya dengan kegiatan ngayah, sembahyang bersama dan memohon keselamatan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa, seluruh aktivitas di kampus ISI Denpasar dapat berjalan dengan baik.

Comments are closed.