Orientasi Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Peserta Program Darmasiswa RI ISI Denpasar TA. 2015/216

Orientasi Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Peserta Program Darmasiswa RI ISI Denpasar TA. 2015/216

Kiriman: Putu Esty Wulaninggrum, S.S (Staf Kerjasana ISI Denpasar)

Pada tahun ajaran 2015/2016, ISI Denpasar memperoleh 27 orang mahasiswa peserta Program Beasiswa Darmasiswa RI tahun ajaran (T.A) 2015/2016 yang berasal dari 17 negara. Minat Studi para mahasiswa tersebut tersebar ke dalam beberapa program studi antara lain: Prodi Tari, Karawitan, Seni Rupa Murni, Seni Kriya, dan Desain Mode.

Menurut Kasubag Kerjasama Luar Negeri ISI Denpasar, Ni Nyoman Artini, S.S, sebelum perkuliahan dimulai Bagian Kerjasama Luar Negeri ISI Denpasar menyelenggarakan kegiatan orientasi terlebih dahulu selama 2 hari. Hari pertama, tanggal 11-09-2015 bertempat di gedung Green Room ISI Denpasar. Acara dibuka secara resmi oleh Rektor ISI Denpasar, yang sekaligus memberikan kuliah umum “ISI Denpasar in Brieft” , setelah itu presentasi oleh

- Prof. Dr. I Wayan Dibia, SST.,M.A.

“The Art Life and Its Global Opportunities and Challenges”

Dr. Diane Butler (Dosen S3 Kajian BUdaya Udayana

“Cultural Vernacular: Excesses and Shortcomings”

Ni Ketut Dewi Yulianti,SS.,M.Hum

“Bahasa for Foreign Speakers”

Seminar ini juga diikuti oleh 2 orang mahasiswa biaya sendiri program 1 tahun.

Nyoman Artini menambahkan bahwa hari kedua, tanggal 12 -09-2015 diselenggarakan kegiatan kunjungan/site visit yang dilakasanakan di Ubud, Gianyar. Kegiatan yang dilaksanakan berupa Workshop pahat patung, workshop lukisan telur, demonstasi gamelan (rindik), proses pembuatan canang (sesajen yang terbuat dari janur dan bunga), kegiatan pengenalan proses pembuatan kuliner khas Bali, dan terakhir mahasiswa diberikan permainan tradisional yang biasa dilombakan seperti lari bakiak, memanjat pohon kelapa.

Kegiatan ini bertujuan untuk membuat para mahasiswa saling mengenal satu sama lainnya dan juga untuk lebih mengenal Seni dan Kebudayaan Bali.

Comments are closed.