P4TK Diharapkan Masuk Gerakan Kewirausahaan

P4TK Diharapkan Masuk Gerakan Kewirausahaan

Depok -- Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal telah melantik Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Bisnis dan Pariwisata ( P4TK Bisnis dan Pariwisata ) Murtoyo,  yang menggantikan Wakil Sementara, Giri Suryatmana. Pelantikan berlangsung 5 Januari di Bojong Sari,  Depok, Jawa Barat.

Dalam sambutan , Fasli mengingatkan Murtoyo tentang pendidikan kewirausahaan. Menurut dia, pendidikan kewirausahaan adalah gerakan nasional dan seluruh perkembangannya akan terus diawasi  pemerintah. "P4TK dapat menjadi bagian yang terintegrasi dengan gerakan kewirausahaan tersebut," ujarnya dalam pelantikan tersebut.

Fasli meminta P4TK kembali melakukan penyegaran dan gigih dalam menerapkan pendidikan kewirausahaan di setiap Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ), salah satu yang terutama adalah membuka peluang dan wawasan mengenai pendidikan kewirausahaan  dari kaum professional . Sebagaimana telah dicontohkan Wamendiknas, ketika dirinya menjabat sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi,  dirinya mengirimkan 20 dosen dari perguruan tinggi negeri dan swasta untuk menempuh pendidikan kewirausahaan di Kauffman Foundation, Amerika Serikat.

Program ini sebagai upaya menanamkan pendidikan kewirausahaan di jenjang perguruan tinggi. Diharapkan kelak bila 20 orang itu kembali ke Indonesia mereka akan menjadi pengembang di pusat-pusat pendidikan kewirausahaan perguruan tinggi. " Bila ini berjalan di tingkat SMK, maka kita bisa berharap nantinya akan terdapat pusat-pusat kewirausahaan di tingkat SMK, " tuturnya sembari meminta P4TK untuk juga mengkompilasi data yang ada mengenai kewirausahaan dan terus mempelajari teknik juga wawasan yang baru di bidang tersebut.

Fasli juga mengingatkan tentang pentingnya industri kreatif. Industri ini telah menyumbangkan enam persen Produk Domestik Bruto Nasional. Karena itu, pemerintah optimistis industri kreatif dapat terus meningkat, terlebih bila melihat latar belakang Indonesia yang kaya akan nilai budaya dan keterampilan, " Oleh karena itu P4TK harus mampu melakukan inovasi dan mencari cara bagaimana kita mengembangkan industri kreatif di jenjang SMK, bila perlu siapkan satu tim yang memang ditugaskan menelaah perkembangan industri kreatif ini, " ucap Pelaksana Tugas Sementara Badan Pengembangan Sumber Daya Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. (yogie)

Sumber: http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/p4tk.aspx

Comments are closed.