Pameran Tugas Akhir Fakultas Seni Rupa dan Desain 2011

Pameran Tugas Akhir Fakultas Seni Rupa dan Desain 2011

Kiriman Hery Budiana, Staft FSRD ISI Denpasar

Pameran Tugas Akhir Mahasiswa FSRD ISI Denpasar di Bentara Budaya Bali Kegiatan Pameran Tugas Akhir Mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar Semester Genap tahun ajaran 2010/2011 dibuka pada tanggal 7 Juni oleh Rektor ISI Denpasar Prof. I Wayan Rai S, M.A, bertempat di Bentara Budaya Bali. Pameran kali ini mengusung tema “Lifestyle”, tema ini diangkat sesuai dengan perkembangan kehidupan masyarakat saat ini dimana seni rupa tidak bisa dianggap sebelah mata seperti dahulu, namun saat ini sudah merupakan bagian dan gaya hidup dari kehidupan masyarakat.

Acara pembukaan diadakan outdoor/ luar ruangan dengan dimeriahkan oleh persembahan tari dari mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan dan didukung cuaca cerah membuat suasana keceriaan pun terasa. Dalam sambutannya Rektor ISI Denpasar memberikan wejangan kepada mahasiswa peserta TA yaitu Research based creation dimana mengandung pengertian bahwa mahasiswa seni haruslah mengamati serta melakukan riset terhadap hal-hal lain seperti sejarah, kebudayaan, filosofi, dan sebagainya kemudian mengaplikasikan hal tersebut dengan kreativitas sehingga menjadi penciptaan yang baru. Bapak Warih Wasistana selaku koordinator Bentara Budaya Bali juga memberikan sambutan singkat dalam pembukaan ini, dimana beliau mengungkapkan sangat bahagia selaku tuan rumah dalam pelaksanaan pameran ini karena sesuai dengan visi Bentara Budaya untuk mengadakan kerjasama dengan lembaga seni lainnyadalam upaya menciptakan Akademika Bentara Budaya.

Pameran Tugas Akhir diikuti oleh 63 mahasiswa peserta Tugas Akhir yang terdiri dari 16 mahasiswa dari jurusan Seni Rupa Murni, 12 mahasiswa dari Program Studi Desain Interior, 31 mahasiswa dari Program Studi Desain Komunikasi Visual, dan 4 mahasiswa dari Program Studi Fotografi. Pada saat acara pembukaan pameran mahasiswa peserta TA akan hadir dan akan menjelaskan karyanya kepada pengunjung yang hadir, hal ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan seniman maupun masyarakat umum. Kesemua mahasiswa peserta Tugas Akhir ini akan memajang karyanya selama kurang lebih dua minggu dari tanggal 7 juni hingga 17 juni 2011. Pelaksaaan Ujian Akhir akan dilaksanakan sehari setelah pembukaan Pameran Tugas Akhir. Pada akhir kata sambutan Dekan FSRD sekaligus laporan singkat, ibu Rinu menambahkan jika dilihat dari statistik jumlah mahasiswa peserta Tugas Akhir, hal ini menunjukkan peningkatan dari jumlah peserta pameran-pameran sebelumnya, dan hal ini merupakan sinyal positif untuk meningkatkan lulusan tepat pada waktunya. Semoga kedepannya hal ini akan tetap berlanjut dan kegiatan Pameran Tugas Akhir akan berlangsung dengan lancar.

 

Comments are closed.