Pameran Tugas Akhir Mahasiswa FSRD Tahun Akademik 2009/2010

Pameran Tugas Akhir Mahasiswa FSRD Tahun Akademik 2009/2010

Denpasar- Empat puluh satu mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain, Tahun ajaran 2009/2010 menggelar pameran Tugas Akhir yaitu dari hari Senin, 21 sampai 25 Juni 2010. Pameran dilangsungkan di Museum Bali, jalan Letkol Wisnu No. 8 Denpasar. Pameran ini sebagai pertanggung jawaban akademik setelah nantinya menempuh ujian komprehensif yang dimulai pada tanggal 28 Juni 2010 mendatang. Empat puluh satu mahasiswa peserta pameran terdiri dari Jurusan Seni Rupa Murni sebanyak 7 orang, Jurusan Kriya 3 orang, Desain Interior 6 orang, Desain Komunikasi Visual (DKV) 20 orang, serta Prodi Fotografi 5 orang. Pembukaan pameran berlangsung tadi pagi (21/6) dibuka oleh Pembantu Rektor I ISI Denpasar (Drs. I Ketut Murdana, M.Sn.). Turut hadir dalam pembukaan pameran yaitu Pembantu Rektor III, Dekan FSP dan FSRD beserta jajarannya, para staf dan dosen dari dua Fakultas yang ada di ISI Denpasar, dan juga dihadiri oleh mahasiswa peserta TA.

Pameran Karya Tugas Akhir ini merupakan kegiatan akadenik rutin, sebagai ajang pamer kreativitas mahasiswa sebelum mahasiswa mempertanggungjawabkan konsep karyannya secara komprehensif di depan dosen penguji, terlebih dahulu masyarakat diberikan kesempatan mengapresiasi hasil proses belajar yang mereka tempuh selama empat tahun. Karya-karya yang mereka tampilkan pada pameran tahun ini banyak yang mengeksplorasi tema yang menyentuh kehidupan dan kebutuhan masyarakat itu sendiri.

Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain Dra. Ni Made Rinu, M.Si. mengungkapkan pameran kali ini merupakan hasil kreativitas mahasiswa yang memiliki nilai sangat spesifik, karena menampilkan karya-karya sesuai dengan perkembangan estetika sebagai sebuah ilmu keindahan yang selalu bergerak sealur perkembangan jaman, yang terefleksi dalam gaya hidup, trend serta kolaborasi budaya lingkungannya. Pameran ini juga diharapkan mampu membawa kiprah dan kontribusi terutama dalam meningkatkan wacana, evaluasi, apresiasi seni terhadap masyarakat, serta merupakan penjelajahan mahasiswa dalam mengembangkan bakat alamiah yang kemudian berproses maju dan berkelanjutan. Semoga pameran ini dapat membangun dialog apresiatif serta mampu meningkatkan kesadaran budaya bagi para seniman, pecinta seni, pengamat seni, dan masyarakat pada umumnya. Pada kesempatan tersebut Dekan juga menghaturkan ucapan terima kasih kepada pihak Museum Bali yang turut membantu menyukseskan pameran tugas akhir ini.

Menurut Pembantu Dekan I FSRD, Drs. Olih Solihat Karso, M.Sn., keseluruhan karya yang ditampilkan dalam pameran karya kali ini mengalami peningkatan kualitas dengan munculnya tema-tema yang aplikatif sehingga hasil karya ini dapat diserap oleh dunia usaha pada umumnya.

Sementara Pembantu Rektor I ISI Denpasar, Drs. I Ketut Murdana, M.Sn., yang mewakili Rektor ISI Denpasar mengharapkan agar mahasiswa yang berpameran kali ini dapat mempertanggungjawabkan karyanya secara akademis dan mampu bersaing di dunia pasar kerja nantinya, mengingat tahun ini adalah tahun kreatif dan kompetitif di segala hal, jadi diharapkan mahasiswa yang sedang TA ini diharapkan menjaga kreativitas dan profesionalitasnya ketika memasuki industry kreatif.

Humas ISI Denpasar melaporkan

Comments are closed.