Pameran Tugas Akhir Mahasiswa FSRD Semester Genap 2011/2012

Pameran Tugas Akhir Mahasiswa FSRD Semester Genap 2011/2012

Kiriman Hery budiyana, Staf Pegawai FSRD.

Sebanyak 48 mahasiswa memamerkan karya penciptaan terbaiknya  dalam Pameran Tugas Akhir Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Denpasar sebagai persyaratan untuk  meraih gelar Sarjana Seni. Pameran  dibuka Senin pagi (4 Juni 2012) bertempat di Gedung  Pameran Tetap Krya Hasta ISI Denpasar. Pameran yang bertema “Eksplorasi lingkungan dalam Seni Rupa dan Desain”  dibuka oleh  Rektor  ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S. M.A,.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Tugas Akhir  FSRD yang sekaligus PD I FSRD ISI Denpasar, Drs. Olih Solihat Karso, M.Sn, pameran akan  berlangsung selama 4 hari yaitu dari tanggal 4-7 Juni 2012 dan akan dilanjutkan dengan Ujian  Komprehensif yang akan dilaksanakan pada tanggal 11-15 Juni 2012. Peserta ujian tahun ini  berjumlah 48 orang dengan perincian Seni Rupa Murni =16 orang, Kriya Seni = 3 orang, Desain Komunikasi Visual = 19 orang, Desain Interior= 7 orang dan PS Fotografi= 3 orang. Sementara  itu mahasiswa yang mengambil Tugas Akhir Pengkajian/ Skripsi sebanyak 1 orang dari Kriya Seni yang mengangkat judul Kajian Komposisi Kera. Selain dihadiri oleh mahasiswa, dosen, dan pegawai di lingkungan kampus, acara tersebut juga turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi serta Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesha ( Prof. Dr. Putu Kerti Nitiasih, MA.). Kehadiran para undangan turut memberikan motivasi kepada para mahasiswa yang sedianya akan melangsungkan ujian tugas akhir usai menggelar pameran.

Dekan FSRD ISI Denpasar, Dra. Ni Made Rinu M.Si mengharapkan pameran ini mampu membawa kiprah dan kontribusi terutama dalam meningkatkan wacana, evaluasi, apresiasi seni terhadap masyarakat, serta merupakan penjelajahan mahasiswa dalam mengembangkan bakat alamiah yang kemudian berproses maju dan berkelanjutan.

Pameran Karya Tugas Akhir ini merupakan kegiatan akademik rutin, sebagai ajang pamer kreativitas mahasiswa sebelum mahasiswa mempertanggungjawabkan konsep karyannya secara komprehensif di depan dosen penguji,, terlebih dahulu masyarakat diberikan kesempatan mengapresiasi hasil proses belajar yang mereka tempuh selama sekitar empat tahun. Karya-karya yang mereka tampilkan pada pameran tahun ini banyak yang mengeksplorasi tema yang menyentuh kehidupan masyarakat itu sendiri dari berbagai lapisan golongan pekerjaan, terutama terhadap keadaan social masyarakat Indonesia saat ini.

Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr.I WayanRai S., MA mengungkapkan pameran kali ini berupaya membuka ruang-ruang imaji, kontempelasi, ilusi, intuisi, harapan, diskusi dan respon balik apresi public yang merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab social dalam upaya mengenal lebih dekat proses kreatif dan persoalan-persoalan yang di hadapi untuk mewujudkan kualitas seni. Prof. Rai menambahkan karya-karya senirupa yang disajikan ini menjadi tanda dalam arus perjalanan sejarah, memberikan dampak terhadap social ekonomi dan prilaku moralitasnya, yang merupakan persoalan panjang dan wajib dikerjakan bersama-sama antara perguruan tinggi seni, insan seni dan stakeholder. Melalui kegiatan pameran ini, sambungnya diharapkan menjadi dayatarik dan warna tersendiri dari kampus seni satu-satunya di Bali. “Semoga saja mahasiswa yang berpameran kali ini dapat mempertanggungjawabkan karyanya secara akademis dan mampu bersaing di dunia pasarkerja nantinya” ujar Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr.I WayanRai S., MA. Prof. Rai juga menyambut positif kegiatan pameran ini, jadi diharapkan mahasiswa yang sedang TA ini diharapkan menjaga kreativitas dan profesionalitasnya ketika memasuki dunia kerja kelak.

Comments are closed.