Papan Nama dan Stiker Sebagai Sarana Promosi SD Saraswati 2 Denpasar

Aug 24, 2011 | Artikel, Berita

Kiriman: Gd Lingga Ananta Kusuma Putra, SSn., Alumni PS. DKV ISI Denpasar

Papan Nama

Penulis akan membahas tentang visualisasi desain pembuatan papan nama SD Saraswati 2 Denpasar.

Unsur Visual Desain

1. Bentuk Fisik

Bentuk fisik dari media papan nama ini adalah persegi panjang.

2. Ilustrasi

Dalam media papan nama ini hanya menggunakan sebuah ilustrasi logo SD Saraswati 2 Denpasar.

3. Teks

            Pada media papan nama ini menggunakan teks hampir sama seperti papan nama pada umumnya, yaitu terdiri dari nama dan alamat, tetapi pada papan nama ini berisi tulisan “status disamakan”, kalimat ini berarti bahwa semua murid yang bersekolah di SD Saraswati 2 Denpasar memiliki hak dan kewajiban yang sama tanpa melihat latar belakang keluarganya.

4. Huruf / Typografi

Jenis huruf yang digunakan adalah

5. Warna

Warna yang digunakan adalah dominan warna hijau, baik background maupun tulisannya.

6. Bahan

Perancangan media papan nama ini menggunakan bahan artboard.

7. Teknik Cetak

Untuk mewujudkan media papan nama ini menggunakan teknik manual.

Kreatif Desain

Pada proses kreatif desain media papan nama dibuat 3 alternatif desain yang selanjutnya dipilih salah satu sebagai desain terpilih. Desain papan nama ini dipilih karena memiliki lebih nilai estetis dibandingkan dengan 2 alternatif desain lainnya yang sedikit kurang menarik. Ilustrasi yang ditampilkan desain terpilih lebih dinamis dengan warna dan pencahayaan yang memiliki nilai keserasian terhadap latar belakangnya.. (untuk lebih jelasnya lihat lampiran)

Stiker

Penulis akan membahas tentang visualisasi desain pembuatan media stiker yang digunakan sebagai salah satu media promosi SD Saraswati 2 Denpasar.

Unsur Visual Desain

1. Bentuk Fisik

Bentuk fisik dari stiker ini adalah mengikuti bentuk desain, dengan ukuran 15 x 10 cm. Bentuk dari stiker ini yang dibentuk mengikuti bentuk desain agar bentuknya terlihat lebih kreatif dan menarik. Ukurannya tidak terlalu besar maupun kecil, hal itu dimaksudkan agar mudah ditempel ditempat-tempat yang strategis.

2. Ilustrasi

Dalam perancangan media promosi stiker ini, ilustrasi yang dipergunakan adalah ilustrasi kartun Ganesha. Penggunaan ilustrasi ini bertujuan menimbulkan kesan yang menarik perhatian, sehingga sekolah ini makin dikenal masyarakat luas.

3. Teks

Pada media stiker ini, menggunakan teks yang hanya berupa nama SD Saraswati 2 Denpasar. Tujuannya agar stiker terlihat lebih jelas dan menarik serta lebih mudah memberitahukan apa yang dipromosikan.

4. Huruf / Typografi

            Menggunakan jenis huruf Jokerman, agar lebih terkesan ceria.

5. Warna

Dalam perancangan stiker ini menggunakan warna hijau abu dan kuning pada ilustrasinya. Pewarnaan pada ilustrasi menggunakan teknik digital painting dengan penambahan shadow  agar lebih menarik dan disukai anak-anak.

6. Bahan

Perancangan media stiker ini menggunakan bahan vinyl stiker. Vinyl stiker digunakan karena merupakan kertas yang lazim/biasa digunakan dalam pembuatan stiker.

7.Teknik Cetak.

Untuk mewujudkan media ini menggunakan teknik cetak digital cutting. Cetak digital cutting digunakan karena untuk produksi stiker cutting dalam jumlah banyak maupun sedikit, harganya murah dan lebih bagus dibanding dengan proses cutting konvensional.

Kreatif Desain

Kreatif desain merupakan proses kreatif yang terdiri dari layout/gambar kasar dan gambar detail, serta mempertimbangkan indikator serta unsur-unsur desain dan bobot penilain desain sebagai acuan desain terpilih. Dalam proses kreatif perancangan desain stiker ini, dibuat 3 alternatif desain.

Desain stiker ini dipilih karena jika dibandingkan dengan 2 alternatif desain yang lainnya, tata letak dalam desain ini dianggap lebih menarik, lebih banyak memenuhi kriteria desain serta paling sesuai dengan konsep perancangan yang digunakan yaitu “ceria dan informatif”. Teks yang digunakan dalam desain ini berupa nama SD Saraswati 2 sendiri, agar lebih jelas dan menarik. (untuk lebih jelasnya lihat lampiran)

Papan Nama dan Stiker Sebagai Sarana Promosi SD Saraswati 2 Denpasar, selengkapnya

Berita Terkini

Kegiatan

Pengumuman

Artikel

KOMERSIALISASI PADA SENI PERTUNJUKAN BALI

Kiriman : Dr. Kadek Suartaya, S.S.Kar., M.Si. Abstrak Dinamika zaman yang terkait dengan gelombang transformasi budaya memunculkan perkembangan, pergeseran dan perubahan terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat Bali. Spesialisasi pada suatu bidang tertentu melahirkan...

Loading...