Pascasarjana ISI Denpasar Gelar Matrikulasi

Pascasarjana ISI Denpasar Gelar Matrikulasi

Direktur Pasca didampingi Ketua Program Studi bersama para mahasiswa foto bersama usai seminar

Direktur Pasca didampingi Ketua Program Studi bersama para mahasiswa foto bersama usai seminar

Kiriman: Nyoman Lia Susanthi, S.S., M.A (Dosen PS Pedalangan).

Denpasar- Guna menyetarakan kompetensi mahasiswa, Program Pascasarjana  ISI Denpasar menggelar matrikulasi mahasiswa baru program studi pengkajian dan penciptaan seni bertempat di ruang sidang Gedung Citta Kelangen ISI Denpasar. Acara yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 23 September 2013 sampai 24 September 2013 dibuka oleh Direktur Pascasarjana ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S, MA. “Matrikulasi ini bertujuan untuk penyamaan level of entry ke suatu program studi, sehingga ada penyamaan persepsi dan penyelarasan antar sesama mahasiswa yang sebelumnya berasal dari beragam latar belakang, selain itu matrikulasi juga bertujuan untuk mengenalkan kampus lebih dalam serta mempererat keakraban sesama mahasiswa”, ungkap Prof Rai dalam sambutannya. Selain itu beliau juga mengungkapkan bahwa sebagai seorang mahasiswa pascasarjana ditekankan untuk berfikir logika dan segala sesuatunya harus berdasarkan research atau penelitian.

Prof. Rai saat memeberikan materinya.

Prof. Rai saat memeberikan materinya.

Dari laporan ketua program studi, I Ketut Sariada, S.ST., M.Si., Sebanyak 48 mahasiswa diterima di Pascasarjana ISI Denpasar, dengan rincian 27 mahasiswa mengambil minat pengkajian dan 21 mahasiswa mengambil minat penciptaan. Mereka telah melewati proses penerimaan yang cukup ketat baik dari test tulis dan wawancara.

Acara yang dimulai di pagi hari diisi dengan materi yang dibawakan oleh dosen pascasarjana di lingkungan ISI Denpasar, yang terdiri dari materi Wawasan Seni oleh Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.SKar., M.Hum serta Prof. Dr. I Wayan Rai S.,MA, Estetika oleh Drs. Ketut Murdana,M.Sn beserta Prof. Dr. I Nyoman Kutha Ratna,SU, Sosial Budaya dan Penerapannya oleh Prof. Dr. I Made Suastika,SU beserta Dr. Tjok Udiana NP., S.Sn.,SH.,M.Hum, Filsafat Ilmu oleh Prof. Dr. Gede Semadi Astra beserta Dr. I Made Gede Arimbawa.,M.Sn, dan Metodologi Penelitian dan Penciptaan oleh Prof. Dr. I Nyoman Artayasa, M.Kes.

Mahasiswa tampak antusias mengikuti matrikulasi

Mahasiswa tampak antusias mengikuti matrikulasi

Menurut salah satu mahasiswa pascasarjana yang ditemui di sela-sela acara, Arik Wirawan mengungkapkan, materi martikulasi sangat menarik dan menambah wawasan peserta. Tampak mahasiswa antusias mengikuti kegiatan matrikulasi ini, walaupun mereka berasal dari beragam segi latar belakang pendidikan maupun usia, namun semangat yang ditampilkan sangat luar biasa, bahkan sebagian dari mereka  ada yang baru saja diwisuda sarjana kemarin sudah langsung melanjutkan studi S2 di ISI Denpasar.

Comments are closed.