Pascasarjana ISI Denpasar Gelar Ujian Akhir Perdana Angkatan 2012/2013

Pascasarjana ISI Denpasar Gelar Ujian Akhir Perdana Angkatan 2012/2013

Pagelaran adi busana "Jepun"

Pagelaran adi busana "Jepun"

2

Kolaborasi dengan seni pertunjukan

Kiriman: Nyoman Dewi Pebryani,S.T., M.A. (Dosen PS Desain Fashion ISI Denpasar)

Rektor ISI Denpasar, Dr. I Gede Arya Sugiharta, S.SKar.,M.Hum, membuka gelaran ujian tugas akhir Pascasarjana ISI Denpasar angkatan tahun 2012/2013, pada hari minggu (8/6), bertempat di depan Gedung Citta Kelangen ISI Denpasar. Rektor ISI Denpasar yang juga selaku penguji mahasiswa pascasarjana, membuka gelaran fashion show bertajuk jepun sebagai gelaran penciptaan seni yang pertama kali diujikan pada periode ini. “Ujian penciptaan seni di ISI Denpasar harus dipertontonkan kepada masyarakat umum untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat menilai karya-karya mahasiswa ISI Denpasar” ungkap Dr.Arya dalam sambutannya.

Adapun Ketua Program Studi Penciptaan dan Pengkajian Pascasarjana ISI Denpasar, I Ketut Sariada, SST.,M.Si, mengungkapkan bahwa gelaran ujian penciptaan seni dimulai dari awal Juni dan berakhir hingga Juli. Program Pascasarjana ISI Denpasar mengadakan ujian pascasarjana setiap tahunnya baik dari jurusan penciptaan dan pengkajian seni, adapun masing-masing jurusan memiliki konsentrasi berbeda. Seperti misalnya gelaran ujian akhir penciptaan seni bertajuk jepun dipersembahkan oleh mahasiswa pascasarjana, Dewa Ayu Putu Leliana Sari, dengan konsentrasi fashion.

3 (3)Persembahan fashion show yang dikolaborasikan dengan gamelan kontemporer serta teater monolog menyedot perhatian penonton yang sebagian besar berasal dari mahasiswa ISI Denpasar serta masyarakat umum. Fashion show jepun dibagi dalam tiga tema, yakni musim kemarau, musim hujan, dan musim semi, masing-masing musim diiringi dengan tabuhan gamelan yang menggambarkan suasana musim tersebut yang dibarengi dengan teater monolog dibalut dengan puisi tentang jepun. Menurut pencipta Leliana Sari, fashion show yang mengkolaborasikan live music gamelan tradisional Bali ini dengan monolog dan puisi bertujuan untuk memberikan tontonan yang berbeda dari biasanya serta ingin mengangkat local genius Bali yang kaya akan seni budaya kedalam garapan. Pencipta juga mengambil lokasi fashion show di out door yaitu di halaman depan gedung Citta Kelangen ISI Denpasar dengan harapan memberi nuansa alami tentang jepun, serta mampu mengeksplorasi tempat untuk menguatkan garapan adi busana Jepun ini.

IMG_3864 (1)

Foto bersama usai pagelaran adi busana 'Jepun"

Setelah ujian adi busana Jepun, dilanjutkan dengan gelaran ujian pascasarjana bertajuk “Jirah” pada hari senin (9/6) oleh mahasiswa pascasarjana Ida Ayu Wayan Arya Satyani. Disusul kemudian oleh ujian penciptaan pascasarjana oleh Tjokorda Abinanda pada hari sabtu (28/6).

Comments are closed.