Pelatihan Pembelajaran Multikultural Bagi Guru-guru SMP/MTs se- Provinsi Bali Berlangsung di ISI Denpasar

Pelatihan Pembelajaran Multikultural Bagi Guru-guru SMP/MTs se- Provinsi Bali Berlangsung di ISI Denpasar

Denpasar- Sebagai salah satu tindak lanjut dari Launching dan Pengukuhan Pengurus CMC Perwakilan Denpasar tanggal 20 Mei 2008 di Denpasar, serta realisasi program kerja dan arahan dari CMC Pusat, CMC Perwakilan Denpasar akan menyelenggarakan “Pelatihan Pembelajaran Multikultural bagi Guru-guru SMP/MTs se Provinsi Bali” pada tanggal 10 Juli 2010, bertempat di Gedung Natya Mandala Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar Jalan Nusa Indah Denpasar.

Pelatihan pembelajaran multikultural ini sejalan dengan Visi CMC yaitu terwujudnya anak-anak Indonesia dengan wawasan kebangsaan yang kuat, hidup berdampingan secara harmonis, serta saling menghormati perbedaan antar etnis, agama, bahasa, budaya, dan wilayah geografis, dalam rangka mempertahankan dan memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk mencapai visi tersebut, dirumuskan misi dan program kerja, antara lain bidang pendidikan dan pelatihan, termasuk pelatihan pembelajaran multikultural bagi guru-guru SMP/MTs.

Sementara tujuan dari pelatiha ini adalah peserta memiliki wawasan pendidikan dan pembelajaran multikultural, dapat merumuskan topik-topik dalam mata pelajaran yang bermuatan nilai-nilai multikultural, dapat membuat“Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Multikultural”, serta dapat simulasi pembelajaran multikultural.

Peserta pelatihan ini adalah guru-guru SMP/MTs yang mengajar matapelajaran yang dapat dimuati dengan nilai-nilai multikultural, misalnya Agama, PKn, Bhs. Indonesia, Kesenian, IPS SMP, serta guru-guru SMP/MTs matapelajaran lain yang berminat mempelajari pembelajaran multikultral.

Pada kesempatan itu hadir sebagai pembicara adalah Prof. Dr. Ahmad Sonhadji, M.A (Direktur CMC Pusat) dengan topik Konsep Pendidikan Multikultural dan Pembelajaran Multikultural (Multicultural Learning), dilanjutkan dengan Dr. Ni Luh Sustiawati, M.Pd (Ketua CMC Perwakilan Denpasar) dengan topik pembahasan tentang Perumusan topik-topik dalam mata pelajaran yang bermuatan nilai-nilai multikultural, dan diakhiri oleh Prof. Dr. Anak Agung Gede Agung, M.Pd, dengan topik Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Multikultural. Setelah itu para peserta akan mengadakan simulasi pembelajaran multikultural.

Menurut Ketua CMC Perwakilan Denpasar yang juga dosen di ISI Denpasar, Dr. Ni Luh Sustiawati, M.Pd, kegiatan ini sepenuhnya didukung oleh kalangan ISI Denpasar. Rencananya kegiatan ini dibuka oleh Rektor ISI Denpasar. Pada saat panitia melakukan audiensi ke ISI Denpasar terungkap bahwa Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S.,M.A., sangat mendukung kegiatan tersebut, dan akan mensupport segala kebutuhan selama pelatihan, mengingat kegiatan tersebut berlangsung di ISI Denpasar.

Humas ISI Denpasar Melaporkan

Comments are closed.