Pelatihan Program Mahasiswa Wirausaha

Pelatihan Program Mahasiswa Wirausaha

Sebagai lembaga pendidikan seni ISI Denpasar tengah disibukkan dengan kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi. Diawali dengan bidang pendidikan, mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya tengah sibuk mempersiapkan karya untuk Ujian Tugas Akhir (TA) yang akan diujikan sekitar bulan Mei yang akan datang. Sementara dalam bidang penelitian, sebanyak 52 proposal mahasiswa Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) terus melakukan bimbingan, pelatihan oleh salah satu pembimbing, sekaligus Koordinator PKM, yaitu Dr. Ni Luh Sustiawati, M.Pd.  Ketertarikan mahasiswa untuk melakukan penelitian merujuk pada keberhasilan sebelumnya dimana 11 proposal mahasiswa ISI Denpasar lolos  di pusat. Sementara dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, ISI Denpasar yang dipercaya mengisi beberapa kontent acara dalam ajang akbar tahunan yaitu Pesta Kesenian Bali (PKB),  saat ini baik mahasiswa maupun dosen sibuk latihan, sejak nuasen tiga hari yang lalu.

Disamping itu tadi pagi (23 April 2010), ratusan mahasiswa dari 2 Fakultas, mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Program Kewirausahaan, yang bertempat di Gedung Natya Mandala, ISI Denpasar. Program Mahasiswa Kewirausaha ini adalah program DIKTI yang mengucurkan dana bantuan usaha kepada mahasiswa di universitas negeri dan politeknik se-Indonesia. Mahasiswa yang diberi pembekalan ini nantinya akan diminta membuat business plan yang nantinya akan disaring menjadi 88 orang. Ke-88 orang ini adalah yang berhak mendapat bantuan dana baik per orang atau bisa berkelompok dengan maksimal 5 orang per satu kelompok. Uang ini merupakan bantuan modal untuk membuat usaha yang disesuaikan dengan bidang ilmunya. Dana ini termasuk di dalamnya modal usaha, persiapan dan dana operasional sampai usaha tersebut bisa berjalan dan mengalami titik impas (Break Event Point).

PR III ISI Denpasar Drs. I Made Subrata, M. Si  menjelaskan bahwa program Mahasiswa Wirausaha ini adalah program periode ke dua, dimana sebelumnya, tahun 2009 ISI Denpasar juga diberikan hibah untuk program ini. Dan bersyukur tahun ini ISI Denpasar kembali diberi kepercayaan untuk mengikuti program Mahasiswa Wirausaha. I Made Subrata menambahkan, program ini merupakan kebijakan dari DIKTI Departemen Pendidikan Nasional yang intinya untuk memberikan modal kepada para mahasiswa di universitas negeri dan politeknik se-Indonesia. Tujuannya jelas untuk mengurangi pengangguran intelektual yang jumlahnya cukup besar di negeri ini dan diharapkan bisa membuka lapangan kerja baru, dimana mahasiswa sebagai pengelola bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatnya di kampus dan menerapkannya di lapangan. Untuk di ISI Denpasar usaha yang coba dijalankan dan yang sesuai dengan pendidikan di ISI Denpasar. Usaha ini dipilih berdasarkan kecocokan dengan apa yang didapat di kampus dan juga peluang untuk usaha ini pada saat sekarang ini masih terbuka lebar dan cukup menjanjikan. Subrata juga menambahkan dalam perjalanannya nanti mahasiswa yang telah lolos seleksi akan dibina dan didampingi oleh dosen yang telah ditunjuk oleh panitia. Mereka juga diwajibkan membuat laporan perkembangan usaha kelompoknya dan mengungkapkan kendala yang dihadapi sehingga bisa dicarikan solusi oleh dosen pendampingnya.

Sementara Sekretaris Panitia Pengelola Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) menyampaikan bahwa untuk persyaratannya adalah mahasiswa yang telah menyelesaikan semester 4 atau telah mengantongi minimal 80 sks dengan catatan belum mengambil mata kuliah TA (Tugas Akhir). Pendidikan dan Pelatihan Program Mahasiswa Wirausaha ini berlangsung selama dua hari, dengan materi Manajemen Keuangan oleh Drs. Putu Yadnya, M.M., Penyusunan Business Plan oleh Drs. I Gde Kt. Warmika, M.M., Komunikasi Bisnis oleh Sayu Ketut Sutrisna Dewi, SE, MM.Ak, Etika Bisnis oleh Gd. Kajeng Baskara, SE.,MM.Ak, Skim Kredit bagi UKM oleh Nyoman Budiarta, SE, Manajemen Pemasaran bagi UKM oleh Drs. I Nyoman Pernama Ricor dan Ida Ayu Wimba Ruspawati,SST., M.Sn., Manajemen SDM bagi UKM oleh Dr. Ni Luh Sustiawati, M.Pd., dan Drs. AA Gde Rai Remawa, M.Sn., Manajemen Produksi bagi UKM oleh Drs. I Wayan Balika Ika, M.Si dan Drs. D.A. Tirta Ray, M.Si., Kewirausahaan oleh Drs. D.A. Tirta Ray, M.Si. Dan Drs. AA Gde Ngr. TY, M.Si., serta Kiat-Kiat Pengusaha Muda Sukses oleh  Drs. I Wayan Balika Ika, M.Si, Ni Nyoman Kasih, SST., M.Sn.

Sementara Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Wayan Rai S., M.A. Menyampaikan bahwa keberhasilan mahasiswa ini tidah lepas dari perubahan mind set yang siap bersaing. Jika di jajaran Perguruan Tinggi mereka sudah berbekal kewirausahaan, maka saat menyelesaikan pendidikan di ISI Denpasar mereka telah siap menghadapi tantangan dunia luar. Apalagi tahun 2014 kita dihadapkan pada Asian comunity, sehingga dengan gemlengan kewirausahaan maka mereka akan mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. Kewirausahaan itu dapat dipelajari walaupun ada juga orang-orang tertentu yang mempunyai bakat dalam hal kewirausahaan. Strategi pendidikan yang diwujudkan dalam PMW bertujuan juga membentuk soft skill agar berperilaku sesuai karakter wirausaha.

Humas ISI Denpasar

Comments are closed.