PELEPASAN DUTA SENI BALI PEKSIMINAS XIII TAHUN 2016

PELEPASAN DUTA SENI BALI PEKSIMINAS XIII TAHUN 2016

Senin, 10 Oktober 2016, bertempat di gedung Natya Mandala ISI Denpasar, diadakan acara pelepasan Tim Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Pengda Bali yang akan berkompetisi pada tanggal 11 hingga 17 Oktober 2016 di Kendari, Sulawesi Tenggara. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Prov. Bali yang mewakili Gubernur Bali, Rektor Isi Denpasar, Koordinator Kopertis, dan Para Wakil Rekor/Direktur Bidang Kemahasiswaan yang tergabung dalam wadah BPSMI Pengda Bali. Peksiminas merupakan ajang rutin untuk lomba mahasiswa tingkat nasional yang bergengsi di bidang seni dan juga ada kegiatan sarasehan yang merupakan musyawarah evaluatif dan rekomendatif tentang pembinaan bidang pengembangan seni bagi mahasiswa yang akan diikuti oleh para Ketua Pengda BPSMI, pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan dan undangan lainnya. Peksiminas merupakan kegiatan yang berkesinambungan yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti guna memberikan wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam menumbuhkan apresiasi terhadap seni, baik seni suara, seni pertuniukan, penulisan sastra, dan seni rupa.

Peksiminas kali ini merupakan yang ke Xlll,  akan melombakan 16 bidang kompetisi yaitu : Tari, Monolog, Keroncong, Lagu Pop, Seriosa, Dangdut, Baca Puisi, Penulisan Puisi, Penulisan Cerpen, Lukis, Foto, dan Vokal Group, dan disampaikan pula bahwa BPSMI Pengda Bali mengikuti semua bidang yang dilombakan dengan jumlah peserta sebanyak 31 orang mahasiswa serta 33 orang official. Ketua Panitia, I Ketut Wisarja, S.Ag. M.Hum. lebih lanjut menjelaskan bahwa masih banyak terdapat keterbatasan, khususnya bagian pendanaan, tetapi ia berharap agar mahasiswa yang terpilih dari utusan perguruan tinggi bisa tampil optimal untuk meraih rangking dengan capaian minimal 10 besar Nasional dan membawa nama Bali.

Ketua BPSMI Bali, Drs. I Wayan Gulendra, M.Si yang sekaligus juga merupakan Wakil Rektor III ISI Denpasar, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak khusunya Perguruan Tinggi yang tergabung dalam wadah BPSMI yang telah ikut memperlancar persiapan, melakukan seleksi, dan pelaksanaan perlombaan yang akan digelar nanti di Kendari. "Secara khusus apresiasi kepada Rektor dan jajarannya 11 (sebelas) perguruan tinggi yang telah berpartisipasi dengan mengirimkan dan sekaligus mendanai para mahasiswa dan official pendamping yang akan berlomba mewakili BPSMI Pengda Bali yang terdiri dari ISI Denpasar dengan 12 mahasiswa dan 10 official (total 22 orang), UNUD dengan 9 mahasiswa dan 8 offical (total 17 orang), UNDIKSHA dengan 4 mahasiswa dan 3 official (total 7 orang), IHDN dengan 1 mahasiswa dan 3 orang official (total 4 orang), UNWAR dengan 2 mahasiswa dan 3 official (total 5 orang), Poltek Negeri Bali dengan 1 mahasiswa dan 2 official (total 3 orang), Undiknas dengan 1 official (total 1 orang), IKIP PGRI dengan 1 mahasiswa (total 1 orang), STPBI dengan 1 mahasiswa dan 1 official (total 2 orang), STIKOM dengan 1 official (total 1 orang), dan lebih lanjut ia berharap di Kendari para duta utusan perguruan tinggi akan bisa tampil maksimal, membanggakan Tim BPSMI Bali, serta dapat menorehkan prestasi yang diperlukan bagi setiap perguruan tinggi untuk meningkatkan peringkat perguruan tingginya masing-masing". Ujar Drs. Wayan Gulendra, M.Si. Selanjutnya dalam laporannya disampaikan juga penekanan dan himbauan serta permohonan agar ke depannya semua  perguruan tinggi di Bali bisa ikut berpartisipasi dan walaupun tidak mengirimkan peserta, kiranya agar bisa membantu ikut membayar iuran BPMSI sesuai dengan amanat dari AD/ART BPSIM Pengda Bali.

No Comments Yet.

Leave a comment