Pembekalan KKN Mahasiswa ISI Denpasar Periode 2015/ 2016

Pembekalan KKN Mahasiswa ISI Denpasar Periode 2015/ 2016

Kiriman: Nyoman Lia Susanthi, S.S., M.A ( Dosen Film dan Tv ISI Denpasar)

Pada tanggal 7 Mei 2015 digelar pembukaan pembekalan KKN mahasiswa ISI Denpasar tahun ajaran 2015/2016. Pembukaan dihadiri oleh seluruh mahasiswa sebagai peserta KKN ISI Denpasar, Para Pembantu Rektor, Dekan FSP dan FSRD beserta jajarannya. Rektor ISI Denpasar, Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.SKar., M.Hum dalam sambutannya menyampaikan bahwa KKN ISI Denpasar sangat ditunggu-tunggu masyarakat, sehingga banyak permintaan dari desa untuk bersurat ke Rektor untuk meminta KKN Mahasiswa ISI Denpasar.

Sementara Ketua Pelaksana KKN Ida Ayu Trisnawati, S.ST., M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk implementasi pengabdian kepada masyarakat yang menjadi unsur dalam tri darma perguruan tinggi, sehingga dikategorikan sebagai kegiatan yang bersifat intrakulikuler. KKN merupakan ketentuan wajib bagi mahasiswa dengan bobot 3 SKS. KKN tahun ajaran 2015/ 2016 dilaksanakan di Kabupaten Buleleng dengan tersebar di 14 desa yaitu Desa Pemuteran, Pemaron, Bestala,Kalisada, Madenan, Tejakula, Menyali, Bengkel, Sepang, Busungbiu, Munduk, Pedawa, Bengkala, dan Bontihin.

Tema KKN pada tahun ini adalah “Melalui KKN ISI Denpasar Tahun 2015 Kita Ciptakan Kader Pembangunan Masyarakat Desa yang Bertindak Lokal Berpikir Global Dalam Bidang Seni dan Budaya”. Untuk itu sebelum mahasiswa dapat merealisasikan tema tersebut maka mahasiswa akan diberikan pembekalan yang digelar 2 hari dari tanggal 7 hingga 8 Mei 2015.

Pembekalan diawali dengan arahan dari Rektor ISI Denpasar dilanjutkan dengan pemberian materi Pembangunan Desa oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah desa Kabupaten Buleleng, materi kedua tentang kesehatan dan sanitasi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, Materi tentang teknologi tepat guna oleh Prof. Dr. Drs. I Nyoman Artayasa, M.Kes., Materi tentang Perkembangan KKN oleh Dr. Drs. I Gst Ngr Ardana, M.Erg (Ketua LP2M ISI Denpasar) serta Etika Pergaulan di Desa diberikan oleh Dr. Dra. Ni Luh Sustyawati, M.Pd.

Usai pembekalan ini tanggal 9 Mei 2015 akan digelar ujian tertulis sebagai nilai KKN yang memiliki kontribusi 15%. Sebelum terjun ke desa nantinya akan dilakukan upacara serah terima dari pihak ISI Denpasar kepada Bupati Buleleng. Di desa mahasiswa harus melakukan kegiatan sesuai dengan program yang telah disusun dan pelaksanaan ini memiliki nilai kontribusi 55%. Sisanya 15% dari nilai laporan dan 15% dari nilai dosen pembimbing serta panitia.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti KKN pada periode ini meningkat dari tahun sebelumnya karena 2 prodi yaitu Sendratasik dan Desain Mode pada tahun ajaran ini mulai mengikuti kegiatan KKN. Jumlah peserta adalah 304 dari FSRD sebanyak 181 dan dari FSP sebanyak 123. Dengan mengikuti KKN selama satu bulan maka diharapkan mencapai tujuan secara umum dari KKN yaitu:

  1. Memberikan pengalaman belajar langsung ke masyarakat untuk menemukan, merumuskan, menganalisa dan menanggulangi masalah pembangunan desa secara teknis serta pragmatis maupun interdisipliner;
  2. Menyumbangkan pemikiran atas dasar keilmuan, teknologi dan seni agar tumbuh kader-kader pemberdayaan pembangunan di desa;
  3. Mengupayakan peningkatan hubungan anatara PT dengan instansi terkait di Pemda dan masyarakat.

 

Comments are closed.