Pemerintah Anggarkan Rp1 Triliun untuk Cetak Doktor Muda

Pemerintah Anggarkan Rp1 Triliun untuk Cetak Doktor Muda

Jakarta - Pemerintah membuat terobosan baru dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas doktor di Indonesia. Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh mengatakan, masyarakat berbasis pengetahuan kuncinya ada pada orang yang memiliki keahlian. "Memang ada orang yang dibiarkan begitu saja tapi keahliannya bagus, tapi tidak banyak. Akan lebih kuat jika orang-orang yang memiliki keahlian tersebut kita "ciptakan"," ujarnya ketika menerima wakil Indonesia yang akan bertanding di sejumlah olimpiade sains, di kantor Kemendiknas, pada 28 Juni.

Karena itu, kata dia, pemerintah mulai tahun ini menyiapkan dana sebesar Rp1 triliun untuk beasiswa strata-2 dan strata-3 untuk para mahasiswa berprestasi. Beasiswa tersebut bisa digunakan di dalam dan di luar negeri. "Gagasan besarnya, kami sudah menyiapkan dana Rp1 triliun. Itu sudah merupakan keputusan politik," ucap Menteri Nuh.

Di kesempatan yang sama Nuh juga menyatakan, wakil Indonesia pada olimpiade internasional atau siapa pun yang berhasil mengharumkan nama bangsa, akan mendapat beasiswa sampai S3 di universitas mana pun. "Anak-anak yang ikut olimpiade ini merupakan benih mahal yang sudah teruji. Karena itu kami jadikan prioritas untuk menjadi doktor nantinya," katanya. (aline)

Sumber: http://www.kemdiknas.go.id/list_berita/2010/6/30/cetak-doktor.aspx

Comments are closed.